PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA PIKIRAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar peta pikiran terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen tipe one group pretest-posttest design dan dilaksanakan di SMPN 3 Pademawu. Populasi adalah semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar peta pikiran terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05, sedangkan –thitung kurang dari ttabel kurang dari thitung (-8,277 kurang dari 2,0930 kurang dari 8,277). Kelas yang menggunakan strategi belajar peta pikiran memperoleh persentase pemahaman konsep sebesar 62,75% dengan kategori baik.
Kata Kunci: pemahaman konsep, peta pikiran, strategi belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akmil, A dkk. 2012. Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matemaatika, 1(1): 24-29.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta.
Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Kompas Gramedia.
Fauziah, N dkk. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Pikiran (Mind Mapping) dan Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2): 132-139.
Gusniwati, M. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, 5(1): 26-41.
Indriati, D. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 192-193.
Ningrum, D.W dkk. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI yang Menggunakan Metode Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping). Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV.
Ratnasari, A. 2012. Analisis Penggunaan Peta Onsep sebagai Alat Asesmen untuk Mengukur penguasaan Konsep pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA NU Kaplongan Indramayu. Wacana Didaktika, II(10): 15-28.
Setiyawan, D. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Berbantu Peta Konsep dan Model Discovery terhadap Pemahaman Konsep Materi Protista Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Palajaran 2014/2015. BIO-PEDGOGI, 5(1): 51-55.
Slavin, R E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. New Jersey: Pearson.
Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utari, V dkk. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 33-38.
Wajdi, B dkk. 2017. Penerapan Strategi Peta Konsep dan Peta Pikiran Ditinjau dari Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Kappa Journal, 1(1): 38-46.
Wisudawati, A W dan Eka, S. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yusuf, A. M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.