PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

Nurun Nazilah, Laila Khamsatul Muharrami, Irsad Rosidi, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian yang telah dilakukan merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Pamekasan kelas VII F pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan  dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global terhadap kemampuan literasi sains siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikansi 0,05 dan -15,785 kurang dari  2,04523 kurang dari  15,785 sehingga H0 ditolak. Kemampuan literasi sains awal siswa sangat rendah, namun saat diberikan bahan ajar berbasis socio-scientific issues menjadi cukup. Penggunaan bahan ajar berbasis socio-scientific issues dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa.

 

 


Keywords


bahan ajar, literasi sains, socio-scientific issues

References


Anagun, S.S dan Ozden, M. 2010. Teacher Candidates’ Perceptions Regarding Socio-Scientific Issues and Their Competencies in Using Socio-scientific Issues in Science and Technology Instruction. Procedia Soxial and Behavioral Sciences, Vol 9: 981-985.

Ardiansyah, A.A.I., Dedi, I., dan Dewi M. 2016. Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Hukum Dasar Kimia di Jakarta Selatan. EduChemia, Vol 1. No (2) : 149-161.

Azwar, S. 2017. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriani, H.N., Ika, M.S., dan Winny, L. 2016. Literasi Sains Siswa SMP Kota Bandung Pada Tema Pencemaran Lingkungan. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol 1: 381-386.

Herlanti, Y., N.Y. Rustaman, Rohman, dan A.Fitriani. 2012. Kualitas Argumentasi Pada Diskusi Isu Sosiantifik Mikrobiologi Melalui Weblog. Jurnal Pendidikan Pendidikan IPA Indonesia, Vol 1. No (2): 168-177.

Jufri, W. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Mujtahidin. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Nurhayati, M.H., Sri, R., dan Yahmin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kimia Kelarutan dengan LC-5E Berkonteks SSI terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, Vol 4. No (4): 137-143

Odja, A.H., dan Citron S.P. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia: C 40-47.

Rakhmawan, A., Agus S., dan Ahmad M. 2015. Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri Pada Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol 1. No (1): 143-152.

Rostikawati, D.A dan Permanasari, A. 2016. Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 2. No: (2): 156-164.

Sadler, T. D., dan Zeidler, D.L. 2004. Patterns of Informal Reasoning in The Context of Sosioscientific Decision Making. Educational Resources Information Center. 1-35.

Sandi, M. 2013. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Kategori Literasi Sains, (Online), (http;//repository.upi.edu diakses 01 Juni 2018).

Soobard, R., dan Rannikmae, M. 2011. Assessing Student’s Level of Scentific Literacy Using Interdisciplinary Scenarios. Science Education International, Vol 22. No. (2): 133-144.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Sya’ban, M.F., dan Wilujeng, I. 2016. Pengembangan SSP Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 2. No: (1): 66-75.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Urfi, A.E. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Peer And Self Assesment Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Skripsi, dipublikasikan online. Universitas Trunojoyo Madura. Diakses melalui: https://pta.trunojoyo.ac.id/welcome/detail/130641100101 tanggal 9 November 2017.

Viana, R.V dan Subroto. 2016. Pengembangan Sistem Assesment dalam Pembelajaran Materi Usaha dan Energi berbasis Media Audio Visual di SMA Negeri 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5. No (5): 311-319.

Warsyidah, dkk. 2016. Pengaruh Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Abstrak dan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Bulukamba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Vol. 12. No (2): 146-154.

Widoyoko, E.P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, N., dan Sholihin H. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, Vol 8. No (1): 6




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.