Pengaruh Model Pembelajaran Murder Dengan Teori Pembiasaan Perilaku B.F Skinner Terhadap Kemandirian Belajar Siswa

Tias Rianita, Yunin Hidayati, Irsad Rosidi, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran MURDER dengan teori pembiasaan perilaku B.F Skinner terhadap kemandirian belajar siswa materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kamal Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol masing-masing kelas sebanyak 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas dengan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Rata-rata kemandirian belajar siswa 72,64% dengan kriteria cukup baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 60,31% dengan kriteria cukup baik serta terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER dengan teori pembiasaan perilaku B.F Skinner terhadap kemandirian belajar siswa dengan –thitung kurang dari ttabel kurang dari  thitung (-13,024 kurang dari 2,004 kurang dari 13,024).


References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Behzadi, M.H dkk. (2014). The Study of Teaching Effective Strategies On Student’s Math Achievements. Mathematics Educations Trends And Research 1(1), 1-8.

Darmika, K dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Murder terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4(1), 1-12.

Herdianto, K dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran MURDER terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2(1), 1-10.

Karim, M. I. dan Mustadi, A. (2017). Training Discipline and Responsibility: The Implementation of Values Clarification Model. Jurnal Pena Sains 4(2), 37-48

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Riduwan. & Sunarto. (2013). Pengantar Statistik Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profisionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjayanti, A dkk. (2015). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 Pada Model PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS 1(1), 361-363.

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung:Alfabeta.

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran B.F Skinner Tentang Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 1(1): 118-129.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.