PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Afida Isroila, Fatimatul Munawaroh, Irsad Rosidi, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self confidence terhadap pemahaman konsep siswa melalui penerapan model problem based learning di VII SMP Negeri 4 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitia Pre-Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji Regresi Linier sederhana dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Regeresi Linier diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,048 pada signifikansi 0,05 (0,048 kurang dari 0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh self confidence terhadap pemahaman konsep siswa melalui penerapa model problem based learning. Hasil analisis data menujukkan bahwa nilai rata-rata self confidence sebesar 74,48 dengan kriteria tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep sebesar 81,49 dengan kriteria baik.

References


Ameliah, I. H. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri Kota Cirebon. Jurnal EduMa , 9-21.

Aziz, M. S. (2014). The Effects of Problem-Based Learning on Self Directed Learning Skills among Physics Undergraduates. International Journals of Academic Research in Progressive Education and Development , 125-137.

Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 57-70.

Ghufron. (2012). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kono, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako , 28-38.

Lintang, A. C. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education , 27-34.

Mawaddah, S. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika , 76-85.

Mulwati, S. (2017). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas , 1-7.

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika , 92-104.

Nurqolbiah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif dan Self Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika , 143-158.

Prastyo, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Percaya Diri Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Konsep Virus. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru , 69-74.

Purwanto. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung , 16 25.

Riyanto, E. (2016). Peningkatan Pemahaman konsep Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMPN 1 Cikande. Jurnal Ilmiah Pendidikan , 106 116.

Rusman. (2012). Model-modelPembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trisnowati, E dan Firdaus. (2017). The Physical Laboratory Activities with Problem Solving Approach To Increase Critical Thinking Skill and Understanding Student Concept. Jurnal Pena Sains Vol 4 No 2 tahun 2017.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.