PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS PEMBUATAN IKAN ASAP PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariani, Christina (2023). Pembelajaran IPA di MI dalam Konsep Kurikulum Merdeka belajar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 8(4). 4289-4295
Asri & Dwiningsih (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education. 6(2). 465-473
Azizah, L. N., Aqidah, M. F., Kholifatul, R., & Kurniawati, W. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Tentang Wujud Zat dan Perubahannya Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 206–212.
Fitriyani, Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Digital Flipbook pada Materi Siklus Air di Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 116–124. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Kautsari et al. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Zat Adiktif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(6). 8116-8130
Maisyaroh, F. Z., & Miterianifa. (2023). Pendidikan Karakater Siswa Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Journal of Natural Science Learning, 2(2), 75–82.
Melati et al. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education. 6(1). 723-741
Melawati, D., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10(4), 709–722.
Mukti, H., Suastra, I. W., & Aryana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 356–362.
Musliha, Sunandar, A., & Qurbaniah, M. (2023). Analisis Etnosains Upacara Naikkan Tulang Bumbungan di Desa Penakalan Sebagai Sumber Belajar Biologi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 198–204. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10520
Nursiami, S. S., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2024). Pengembangan Multimedia Flash Berbasis Etnosains Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 922–934. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3464
Oktaviana, P., Pranoto, R. A., & Sholihah, K. (2024). Upaya Dalam Menerapkan Pembelajaran Etnosains di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah PGMI STAI Al-Amin Gersik, 3(1), 117–130.
Rahmi, H., Harling, V., Mulyati, B., Pada, S., Asrianti, Hanam, E., & Handayani, S. (2024). Kimia Dasar. Makassar: Tohar Media. https://books.google.co.id/
Rini, Ni Putu Yustika (2023). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Kebudayaan Daerah Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD N 6 Songan. Jurnal Pendidikan Deiksis. 5(2). 35-42
Risamasu et al. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Tema Perpindahan Kalor Berkonteks Etnosains Jayapura Papua. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(1). 948-958.
Rustamana, A., Suandi, M., Rahma, Z. S., & Nugroho, E. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Hand Out, dan LKS dalam Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(8), 101–112. https://ejournal.warunayama.org/
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Sakila, R., Lubis, N. faridah, Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123.
Siregar, R. D., & Putri, Z. D. (2023). Analisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Bina Satria Mulia. Educational Journal of Elementary School, 4(1), 1–4. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/index
Sukmawati, W., Kadarohman, R. A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2022). KIMIA DASAR Untuk Farmasi. Sleman: CV. Bintang Semesta Media.
Suyatman, & Chusni, M. M. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Riset (T. Media (ed.)). Sukoharjo: Penerbit Tahta Media Group.
Titin et al. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology. 4(2). 111-123
Trimulyono, B., & Supriyatna, D. (2024). Analisis Aliran Fluida Cair Dan Pengurangan Tekanan Pada Pipa L Dengan Metode Simulasi Komputasi. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 3(2), 31–35.
Wandini, R. R., Bariyah, C., Lubis, H., Nur, N., & Mardhatillah, S. (2022). Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2014–2023.
Yamalia, Ike. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran. Journal Vision Technology. 7(1). 53-60
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.28178
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.