HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika. Akan dicarikan faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis melalui analisis hubungan kemampuan literasi sains mahasiswa. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki mutu pembelajaran fisika serta apa saja faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis hubungan kemampuan literasi sains dengan keterampilan berpikir kritis pada materi sumber energi. Sampel uang diambil berjumlah 78 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Data diambil dari angket, wawancara dan tes kemampuan literasi sains dan tes kemampuan berpikir kritis yang berpacu pada soal High Order Thingking Skills (HOTS) secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis namun dengan kategori rendah. Adapun besar hubungan kemampuan literasi sains dengan keterampilan berpikir kritis sebesar 14,4%, ini berarti semakin baik kemampuan literasi sains maka keterampilan berpikir kritis akan baik pula.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Anita, I. W. A. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246–251.
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35.
Azrai, E. P., Suryanda, A., Wulaningsih, R. D., & Sumiyati, U. K. (2020). Kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA di Jakarta Timur. Edusains, 12(1), 89–97.
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22.
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254.
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi sirkulasi darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5–9.
Irwan, A. P. (2020). Analisis kemampuan literasi sains pesrta didik ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 319149.
Mahanal, S. (2012). Strategi pembelajaran biologi, gender dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 9(1).
Mulyaningsih, N., Asbari, M., & Rahmawati, R. S. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 58–61.
Nulhakim, L., Berlian, L., Rakhmawan, A., Saefullah, A., Rohimah, R. B., Firdaus, B. F., Hasan, A., El Islami, R. A. Z., & Sari, I. J. (2022). Syntax of the Guided Inquiry Learning Model Based on Local Wisdom of Baduy’s Society Towards Scientific Literacy on Environmental Conservation Theme. Gagasan Pendidikan Indonesia, 3(1), 31–36.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.
Rostikawati, D. A., Khaerudin, D., & Saefullah, A. (2022). Development of Basic Physics Teaching Materials Based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) In Industrial Engineering Study to Improve Student’s Life Skill. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 8(2).
Saefullah, A., Guntara, Y., & Nulhakim, L. (2020). Reconstruction of teaching materials with socio-scientific issues context on source of energy content. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 12022.
Saefullah, A., Guntara, Y., & Rostikawati, D. A. (2021). Implementation of the use of textbooks with the context of socio scientific issues on climate change materials and its impact on life to improve students’ scientific literacy. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(2).
Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2020). Pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis melalui analisis koefisien determinasi dan uji regresi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 69–76.
Sari, D. L. K., & MINTOHARI, M. (2018). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar ipa materi sumber energi siswa kelas iv sdn lidah kulon iv surabaya. State University of Surabaya.
Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48–56.
Sukestiyarno, Y. L., Agoestanto, A., & others. (2017). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.
Wardani, W., Astina, I. K., & Susilo, S. (2018). Pengaruh gender terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA program IPS pada mata pelajaran geografi. State University of Malang.
Wechsler, S. M., Saiz, C., Rivas, S. F., Vendramini, C. M. M., Almeida, L. S., Mundim, M. C., & Franco, A. (2018). Creative and critical thinking: Independent or overlapping components? Thinking Skills and Creativity, 27, 114–122.
Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Seminar Nasional Sains, 6(8), 1–14.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.27174
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.