PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
An Nabil, N. R., Wulandari, I., Yamtinah, S., Ariani, S. R. D., & Ulfa, M. (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. Paedagogia, 25(2), 184. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64566
Anggraini, N., Nazip, K., Amizera, S., & Destiansari, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis STEM Menggunakan Bahan Ajar Realitas Lokal terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1), 121–129. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3589
Anhar, I. P., Rina Mardiana, & Rai Sita. (2022). Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut terhadap Manusia dan Lingkungan Hidup (Studi Kasus: Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(1), 75–85. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i1.967
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558
Fitriyati, D. N., & Karyanto, U. B. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Siswa. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 11–18. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i2.4243
Hariyadi, E., Maryani, E., & Kastolani, W. (2021). Analisis literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan geografi. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.6685
Hayati, R. S. (2020). Pendidikan lingkungan berbasis experiential learning untuk meningkatkan literasi lingkungan. Humanika, 20(1), 63–82. https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29039
Herman, H., Mursi, H. S., Anam, A. K., & Hasan, A. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(01), 79–96. https://doi.org/10.30868/at.v8i0
Herwandi, O., Istyadji, M., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal Sistem Pondasi Rumah Lanting. 17(02), 101–110.
Idrus, A. Al, Ilhamdi, L., Mertha, I. G., Abidin, L. A. M., & Yaqutunnafis, L. (2021). Konservasi Sumberdaya Alam Berwawasan Kearifan Lokal Melalui Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Lingkungan Pada Masyarakat Desa Bagik Payung Timur, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 328–333.
Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The Effectiveness of Problem-based learning with Local Wisdom oriented to Socio-Scientific Issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455–472. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15225a
Mardianto, Darwis, & Suhartatik. (2023). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Hipertensi Di RS TK II Pelamonia. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3, 2023.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Nariswari, N. P., Hidayat, S., Hariz, A. R., Islam, U., & Walisongo, N. (2022). Pengembangan E-Flipbook Materi Perubahan Lingkungan Berbasis Literasi Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Biologi pada Siswa SMA / MA. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 81–94.
Novianti, D. A., & Susilowibowo, J. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, 03(01), 1–9.
Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642
Paris, S., Jusmawati, Alam, S., Jumliadi, & Arsyam, M. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif dengan Pendekatan Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Bina Gogik: Jurnal …, 8(1), 101–108. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/637
Riyanti, R., & Setyawan, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Pembelajaran Vidio Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Mahasiswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 316. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11224
Rokhmah, Z., & Fauziah, A. N. M. (2021). Literasi Lingkungan Siswa Smp Pada Sekolah Berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 176–181. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Setiawan, F., Masitoh, S., & Mariono, A. (2023). The PBL-STS Model for Achieving Critical Thinking Skills in Elementary School Students. International Journal of Social Learning (IJSL), 3(3), 293–307. https://doi.org/10.47134/ijsl.v3i3.193
Shafira, A. R., Wibawa, S., & Aditiany, S. (2022). Ancaman Impor Sampah Ilegal Terhadap Keamanan Lingkungan di Indonesia, 2016-2019. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i1.32458
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369
Sugiharti. (2022). Jurnal Ipa Terpadu 93. 6(3), 93–101. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu
Syaputra, A. (2022). Implementasi Metode Random Sampling Pada Animasi Motion Grapich Herbisida Dan Fungisida. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(2), 142–147. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1370
Widowati, C., Purwanto, A., & Akbar, Z. (2021). Problem-Based Learning Integration in Stem Education to Improve Environmental Literation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(7), 374. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i7.2836
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650
Astutik F, 2023. Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Pekalongan (Jawa Tengah): PT Nasya Expanding Management
Latuconsina, 2019.Ekologi Perairan Tropis. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press
Arrijani & Kamaluddin, 2023. Buku Ajar Biodiversitas. Purwodadi (Jawa Tengah): CV. Samu Untung
Purnomo, 2015. Praktik-praktik Konservasi Lingkungan Secara Tradisional di Jawa. Malang: Universitas Brawijaya Press
T Dantje, dkk, 2015. Toksikologi Lingkungan Dampak Pencemaran dari Berbagai Bahan Kimia dalam Kehidupan sehari-hari. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET
Mangunjaya F.M dkk, 2017. Pelestarian Satwa Langka Untuk Keseimbangan Ekosistem. Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup & Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia
Supriatna J, 2018. Konservasi Biodiversitas: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Latuconsina H, 2021. Ekologi Ikan Perairan Tropis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.27118
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.