RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP E–LKPD BERBASIS CLIS TEMA GUNUNG BROMO PROBOLINGGO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Cici Cahyani, Dwi Bagus Rendy Astid Putera, Badrud Tamam, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Aida Fikriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan berpikir kritis melalui  E – LKPD berbasis CLIS tema Gunung Bromo Probolinggo  yang digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA.  E – LKPD berbasis CLIS tema Gunung Bromo Probolinggo merupakan media pembelajaran yang memuat bahan bacaan, gambar, serta link video yang menarik tentang suatu tema yang dihubungkan dengan materi struktur bumi dan perkembangannya. E – LKPD berbasis CLIS dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Canva.  Materi yang digunakan pada media pembelajaran ini yaitu materi struktur bumi dan perkembangannya kelas VIII SMPN/MTsN. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R n D dengan model pengembangan ADDIE. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik dari kelas VIII A. Instrumen uji coba yang digunakan yakni lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Mean validasi ahli materi sebesar 3,6 dengan kriteria sangat valid dan rata-rata ahli media sebesar 3,75 dengan kriteria sangat valid (2) Presentase mean N Gain kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,82 dengan kriteria tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran E – LKPD berbasis CLIS tema Gunung Bromo Probolinggo layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan berpikir kritis pada peserta didik (3)Rata-rata hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran E – LKPD berbasis CLIS tema Gunung Bromo pada kelompok one to one sebesar 91%, small group sebesar 91% dan large group sebesar 94%  dengan kriteria sangat positif.


Keywords


Berpikir Kritis, E – LKPD berbasis CLIS, Gunung Bromo

References


Aliyah, J., Alawiyah, T., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2023). Implikasi Teori Pemrosesan Informasi Robert Mills Gagne di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7562–7568. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2181

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Hakim, Z. R., Taufik, M., & Firdayanti, R. N. (2021). Pengembangan Media Flipchart pada Tema “Diriku” Subtema “Tubuhku” SDN Serang 3. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 66–75. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/63

Handika, R., Syafii, W., & Mahadi, I. (2022). Pengembangan Majalah Elektronik Biologi Berbasis Multimedia Pada Materi Plantae Kelas X Sma/Ma. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 198–205. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11430

Husna, H. (2023). Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2177–2188. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/793

Kleruk, I. D., Muriati, S., & Jamaluddin, J. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Barang Bekas Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Lanraki 1 Kota Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 85–95. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.23922

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Mardianto, Y., Azis, L. A., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan Dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1313–1322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1313-1322

Marwah, S., & Nurrohmatul, A. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Nasir, M. A. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget : Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Jurnal Sang Guru, 1(3), 215–223. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/article/download/5337/3036

Nurfatimah, S. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. 19(2), 121–138.

Nurmasita, Enawaty, E., Lestari, I., Hairida, & Erlina. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Reaksi Redoks. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15991

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP [Analysis of the Role of Learning Video Media in Improving Middle School Science Learning Outcomes]. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPA), 2(1), 7–12.

Pratama, E., Sutrio, & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 236–241. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/385/430

Rahma, S. A., Kaspul, & Zaini, M. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MAN 1 Banjarmasin kelas XI pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.8

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59.

Syukur, S. W., & Sutrisno, A. B. (2023). Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Wawasan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.319

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Zulfah, S. A., & Mukhoiyaroh. (2022). Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya. Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.498




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.26663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.