PENERAPAN MODEL CBL PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Devi Putri Kharisma, Dwi Bagus Rendy Astid Putera, Eva Ari Wahyuni, Mochammad Ahied, Aditya Rakhmawan

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 2 Rejoso, Nganjuk pada materi Ekologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII Tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling yang terdiri dari kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran CBL sebanyak 72% mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi dan 28% mengalami peningkatan kriteria sedang. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai α < 0,05, rata-rata persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,99% dengan kriteria sangat baik, dan hasil respons siswa terhadap pembelajaran sebesar 72,33% termasuk dalam kriteria baik.


Keywords


ekologi dan keanekaragaman hayati, model pembelajaran CBL, kemampuan berpikir kreatif

References


Alani, F. (2020). Development of case-based learning (CBL) in engineering technology education. International Journal of Engineering Education, 36(3), 896–900.

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868–872.

Auliya, L., & N, L. (2020). the Development of Miss Ppl (Advanced Microsoft Power Point) Learning Media At Elementary School. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 703. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i4.8027

Azzahra Aska. (2017). Pengaruh model Case based learning (Cbl) terhadap hasil belajar Biologi siswa pada konsep jamur. Jurnal: Multidisiplin Ilmu, 1–256. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/314%0Ahttps://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/download/314/173

Bahrullah. (2021). Penerapan Model Case Based Learning ( Cbl ) Pada Materi Virus Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Kelas X SMA Perintis. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan MIPA, Instut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Bayu Sandika, S.Si., M. S. (2021). Buku Ajar Ekologi (Integrasi Islam Sains).

Dr, P., & Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (p. 456).

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan kreatifitas siswa melalui STEM dalam pembelajaran IPA. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 4(1), 89–98. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/1047

Husniyah, Hidayati, Y., Qomaria, N., & munawaroh, fatimatul. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL POE DENGAN TEKNIK CONCEPT MAPPING PADA MATERI GETARAN ,. Natural Science Education Reseach, 2(2), 123–132.

Indriyani, Ahied, M., & Rosidi, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING ( DLPS ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 8–19.

Kaddoura, M. A. (2011). Critical Thinking Skills of Nursing Students in Lecture-Based Teaching and Case-Based Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 5(2). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2011.050220

Khoirulina, L. (2018). Media Laserin Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Penjajahan Belanda di Indonesia. PINUS, 3(2), 86–96. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45

Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 56–62.

Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermaknaa David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Islam, 5(01), 23–36. https://doi.org/10.29240/belajea.v5

Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. 2, 77–95.

Nurjamil, D., Mumu, Apiati, V., & Heryani, N. (2023). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menurut David Campbell Ditinjau dari Gaya Kognitif. Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 1104–1117.

Nurkhasanah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX.A SMP Negeri 1 Gangga. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 47. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1393

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Rahmah, S., Khoiriyah, I., & Jambi, M. (2022). SKULA Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 23–34. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula

Rupalestari, D., & Prabawanto, S. (2020). Students’ creative thinking skill and its influential factors in quadrilateral topic viewed by students’ cognitive. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032054

Safitri, U., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Pengaruh model science, environment, technology and society terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 51. https://doi.org/10.29210/3003753000

Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.3

Setiyanti, D., Pratiwi, U., & Ashari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Web Appgeyser Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 52–59. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1127

Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163

Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa SMA dalam Pembelajaran Levels of inquiry pada materi Sistem Pernapasan melalui Asesmen Kinerja. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 35–43.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Wahyuni, I., Mahrawi, & Dwi, R. (2022). Development of Ar ( Augmented Reality ) Mangrove Based on Website on. 3(1), 1–8.

Wati, D. A., & Sunarti, T. (2019). Keterlaksanaan Case Based Learning (CBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah di SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 589–592.

Wicaksono, A. A., Sunarti, T., & Zainuddin, A. (2020). IPF : Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Adynda Aulia Wicaksono , Titin Sunarti , Abu Zainuddin IPF : Inovasi Pendidikan Fisika Adynda Aulia Wicaksono , Titin Sunarti , Abu Zainuddin. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 325–331.

Widiarti, A., & Hernadi, J. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran untuk Menurunkan Kecemasan Siswa terhadap Matematika. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 252–257.

Yusuf, M., Mahrudin, M., & Irianti, R. (2023). Kajian Keanekaragaman Jenis Pohon di Tepian Sungai Tanipah Sebagai Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 92–104. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss1.539

Zhao, W., He, L., Deng, W., Zhu, J., Su, A., & Zhang, Y. (2020). The effectiveness of the combined problem-based learning (PBL) and case-based learning (CBL) teaching method in the clinical practical teaching of thyroid disease. BMC Medical Education, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02306-y




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.