PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Roissaturrodliyah Roissaturrodliyah, Mochammad Ahied, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Yamin Yamin, Try Hartiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan melihat kelayakan produk, respons dan keterbacaan siswa. Pengembangan media menggunakan model ADDIE. Pengembangan media ini menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Subjek penelitian ini 25 siswa kelas VII A UPTD SMP Negeri 3 Bangkalan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi  media, materi, angket respons, dan keterbacaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis android materi klasifikasi makhluk hidup memperoleh validasi media sebesar 1,0 dengan kategori sangat tinggi dan validasi ahli materi sebesar 1,0 dengan kategori sangat tinggi, 2) respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis android materi klasifikasi makhluk hidup sebesar 79,92% dengan kategori baik, 3) keterbacaan siswa terhadap media pembelajaran berbasis android materi klasifikasi makhluk hidup mendapatkan rata-rata sebesar 79,38% dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi klasifikasi makhluk hidup memperoleh respons yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


android, klasifikasi makhluk hidup, media pembelajaran

References


Abduh, M., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua terhadap Pengetahuan Agama dan Karakter Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Shirrotul Jannah Palembang. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(4), 204–211.

Adawiyah, V. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Vee Map terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(2), 62.

Aldya, R. F., & Arifendi, R. F. (2021). Botanical application: Android-Based Learning Media to Enhance Interest in Learning Plant Material. Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 6(1), 17–25.

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan di SMP Kabupaten Musi Rawas. Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104.

Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345–356.

Berliana, A. U., Mailizar, Faiza, & Leonard. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android melalui Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan). Jidr, 2(2), 58–68.

Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3388–3395.

Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M. M., Nisa, R., Widyasanti, N. P., & Kusumawati, P. R. D. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Failasuf, C., Ihwan Rahman Bahtiar, & Ilham, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Arab Berbasis Android Terintegrasi Keterampilan Memecahkan Masalah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 157–163.

Fatirul, A. N., & Winarto, B. (2021). Instructional Development Design : Model-Model Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Fauzi, M.H., Herawan, H., Rusmana., & Taofik, D. B. I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 134-141.

Fikram S., M., Anggereni, S., Jusman, Ashar, H., & Dani, A. U. (2023). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Adobe Animate pada Pokok Bahasan Tata Surya Kelas VII MTS As ’ adiyah No . 34 Doping. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 93–104.

Frialdo, D., Helmina, A., Oktaviani Melianti, E., Jalinus, N., Abdullah, R., Sarjana, P., Negeri Padang, U., Hamka, J., Tawar Bar, A., & Barat, S. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Sistem Operasi Jaringan Materi Instalasi Debian Berbasis Android. Journal on Education, 05(02), 2003–2010.

H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, & N.K. Suarni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195–208.

Khotimah, H., Nawir, M., & Ayu, S. (2023). The Effect of Android-Based Learning Using Smart Apps Creator (SAC) on Students’ Integrated Science Interest. Jurnal Kependidikan, 17(1), 71–82.

Lesmana, C., & Santoso, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif pada SMP Negeri 03 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(1), 211–224.

Masrurah, U. A., & Anita, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Kinemaster dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Islam Tangeran Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan, 7(1), 1–13.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Nurhasanah, Y., & Putri, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Augmented Reality pada Topik Klasifikasi Hewan Berdasarkan Habitatnya. Jurnal Multinetics, 6(2),86-99.

Nurmala, R., Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). Desain Pengembangan Buku Saku Digital Matematika Smp Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6 (2), 4–17.

Pradana, A. G., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 49–53.

Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15.

Puhka, P., Annemari, B., & Harry, R. (2023). Application of Learning Media and Technology in Schools to Increase Student Interest in Learning. World Psychology, 1(3), 160–176.

Rifai, M. R., Kurniawan, R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 29–38.

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122-130.

Suci, M. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Insya’ di STAI Ma’Arif Sarolangun. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1(2), 59–68.

Supriadi, B., Bektiarso, S., Damasari, A. F., Ramadhani, P. I., Febrianti, T. R., & Lubna, L. (2022). Respon Siswa terhadap Metode Pythagoras sebagai Alternatif Penyelesaian Soal Energi Relativistik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 128-133.

Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P. (2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. Proceeding of Integrative Science Eduvation Seminar, 1(1), 95–105.

Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., & Kusumawardan, R. N. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wong, J. T., & Hughes, B. S. (2023). Leveraging Learning Experience Design: Digital Media Approaches to Influence Motivational Traits that Support Student Learning Behaviors in Undergraduate Online Courses. Journal of Computing in Higher Education, 35, 595-632




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.