PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN E-MAGAZINE ECO EXPLORER
Abstract
Desain penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk dan peningkatan literasi sains peserta didik terhadap media e-Magazine Eco Explorer dengan pendekatan kontekstual pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia di sub-bab "Bagaimana Pengaruh Manusia Terhadap Ekosistem". Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Bangkalan pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VII dengan teknik purposive sampling. Data kelayakan produk berdasarkan aspek media dan materi. Bagian media dan materi masing-masing mendapatkan skor rata-rata 95% dan 86,53% yang masuk dalam kategori sangat sesuai. Pengembangan media e-Magazine Eco Explorer mampu memberikan peningkatan literasi ilmiah peserta didik dengan hasil N-Gain sebesar 0,56 dalam kategori Sedang. Penelitian menunjukkan bahwa media e-Majalah Eco Explorer dengan pendekatan kontekstual meningkatkan literasi ilmiah peserta didik pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia di sub-bab "Bagaimana Pengaruh Manusia Terhadap Ekosistem"
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Wulandari, P. A., et al 2023. Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2):3928–36. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
Astuti., et al 2023. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Model ADDIE Dapat Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya 3(6):1307–16.
Gama., et al 2022. “Pelatihan Jurnalistik E-Majalah Sekolah SMA Negeri 3 Boyolali.” Jurnal Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):460–70.
Nababan & Sipayung, 2023. “Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (Ctl).” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2(2):825–37.
Eliaumra., et al 2023. “Pengembangan Asesmen Autentik Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Untuk Mengukur Kemampuan Kolaboratif Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi.” Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 8(1):56–66. doi: 10.23969/10.23969/biosfer.v8i1.8469.
Lestari, I. A., et al 2023. “Perkembangan Literasi Sekolah Dasar Di Beberapa Bagian Di SD Riau.” Journal Of Social Science Research Volume 3(3):5249–62.
Ismail., et al 2023. “Pemanfaatan Situs Megalit Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Di SMA Negeri 3 Palu.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6(2):178–84.
Khairunnisa, A & Apoko, T. W. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar.” Jurnal Kewarganegraan 20(2):191–203. doi: 10.24114/jk.v20i2.
Lukman., et al 2022. “Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik Dan Rudnick: Analisis Validitas Konten.” Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):326–39. doi: 10.31004/cendekia.v7i1.1761.
Bhoko, M., Fikri, K. & Dopo, F. B. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Fingerpicking Gitar Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Golewa Kabupaten Ngada.” Jurnal Citra Pendidikan 3(4):1253–60.
Masi, M. L. 2021. “Analisis Kondisi Psikologis Anak Dari Keluarga Tidak Utuh Pada Siswa SMA PGRI Kupang.” Jurnal Kependidikan 7(1):214–26. doi: 10.33394/jk.v7i1.2968.
Maulana., et al 2023. “Upaya Pengembangan Literasi Sains Siswa Berbasis E-Book.” Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC) 5(2):97–99. doi: 10.31605/phy.v5i2.2202.
Azhari, N. S., et al 2023. “Pengembangan E-Magazine Pada Materi Sistem Ekskresi Terintegrasi Nilai Keislaman.” Jurnal Binomial 6(2):185–200.
Nurhasanah, N., et al 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika ‘Physicsmagz’ Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Literasi Sains.” Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6(1):53–63. doi: 10.32699/spektra.v6i1.129.
Nuraida., et al 2022. “Desain E-Magazine Pada Mata Pelajaran Biologi Bermuatan High Order Thingking Skill (HOTS) Untuk Siswa SMA/MA.” Jurnal Biotek 10(1):83–101. doi: 10.24252/jb.v10i1.26052.
Sari, P. A. E., et al 2023. “Peran Teknologi Dalam Literasi Sains Siswa.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(2):437–42.
Santia, E. & Nurmayani. 2023. “Bahan Ajar Flipbook Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Sekolah Dasar.” Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal) 9(1):116–26. doi: 10.24114/paedagogi.v9i1.46101.
Saptaningrum, E., D. Nuvitalia, A. Faisal Kurniawan, & N. Eka Putri. 2023. “Profil Penguasaan Literasi Sains Berdasarkan Kerangka PISA (Programme for International Student Assessment) Pada Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2022.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 14(2):241–50. doi: 10.26877/jp2f.v14i2.15482.
Syahfitri J, Panjaitan, C. J. & Anggreni, F. 2023. “Pengembangan Media Petualangan Cerdas Berbasis Permainan Dengan Model ADDIE.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 8(1):1–19. doi: 10.32505/azkiya.v8i1.6288.
Yusmar et al., 2023. “Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab.” Jurnal Pendidikan IPA 13(1):11–19. doi: 10.24929/lensa.v13i1.283.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.