PENGARUH PENERAPAN E-MODULE BERBANTUAN COVER SONG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN TERHADAP RETENSI PESERTA DIDIK

Resita Azza Prastiwi, Aditya Rakhmawan, Eva Ari Wahyuni, Maria Chandra Sutarja, Try Hartiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitasakan produk, keterbacaan, respons peserta didik, dan retensi peserta didik terhadap media e-module berbantuan cover song dengan model pembelajaran artikulasi pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Bangkalan pada bulan Maret 2024. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapun populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dengan sampel terdiri dari kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah pusposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur retensi peserta didik berupa tes pilihan ganda. Hasil validasi media memperoleh skor 1 dengan kategori sangat valid. Hasil retensi kelas eksperimen sebesar 94,25% dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 81,09% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh media e-module berbantuan cover song dengan model pembelajaran artikulasi terhadap retensi peserta didik pada materi sistem pernapasan.


Keywords


E-module, Cover Song, Model Pembelajaran Artikulasi, Retensi, Sistem Pernapasan

References


Cahyani, G., Enawaty, E., Erlina, E., Muharini, R., & Ulfah, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Bioteknologi di SMPN 1 Jagoi Babang. Jurnal BASICEDU, 7(5), 3004–3017.

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Firdayanti, Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Ulfayanti. (2019). Peningkatan Kemampuan Retensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Number Head Together. … Hasil Penelitian & …, 2019, 435–440. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/1976/1819

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jingga, K. (2020). Model Pembelajaran Artikulasi dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30186

Khozizah, Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2019). Pembelajaran IPA Menggunakan Sumber Daya Alam (SDA) Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa si SMP Negeri 1 Anjungan. PENA KREATIF Jurnal Pendidikan, 8(1), 43–60. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JPK/article/view/1396

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Melinda, V., & Ningrum, D. (2020). Pengembangan Digital Dictionary Untuk Mengukur Retensi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.17977/um039v5i22020p145

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). The Effectiveness of E-Module with Gamification-Based Professional Flip Pdf Against Middle School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Ratnawati, E. (2022). Strategi Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konversi Suhu Di Smp Negeri 1 Anggana. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(4), 443–453. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i4.1692

Safitri, M. N., & Minsih. (2022). Pengaruh Media Lagu dan Gambar Terhadap Kemampuan Ingatan Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Internasional Pendidikan Dasar, 6(3), 477–485. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53042

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B.,

Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045–2052. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022

Sauri, S., Gunara, S., & Cipta, F. (2022). Establishing the identity of insan kamil generation through music learning activities in pesantren. Heliyon, 8(7), e09958. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09958

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

Siti Anisah, A., & Maulidah, I. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 581–591. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1814

Tamnge, M. N., Putra, T. Y., & Jumroh, S. F. A. (2021). Analisis Makna Lagu Dalam Album Sarjana Muda Karya Iwan Fals. Jurnal Frasa; Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, 2(1), 37–46.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.