PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITES BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

Alfina Damayanti, Eva Ari Wahyuni, Mochammad Ahied, Aditya Rakhmawan, Aida Fikriyah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan di SMPN 1 Sepulu. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan produk dan motivasi belajar peserta didik terhadap media Google Sites berbasis model Problem Based Learning pada materi Bumi dan Tata Surya. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sepulu Tahun Ajaran 2023/2024 menggunakan sampel peserta didik kelas VII-E dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jenis desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk dengan kategori sangat layak dengan nilai rata-rata validitas sebesar 89,67% dan hasil uji hipotesis menujukkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah penggunaan media Google Sites berbasis model Problem Based Learning dengan nilai N-Gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang.


Keywords


Bumi dan Tata Surya, Google Sites, model Problem Based Learning, Motivasi Belajar

References


Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2021). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–267.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewanti, R. A., Yana, Y., Maretha, D. E., Ulfa, K., Riswanda, J., Nurokhman, A., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., & Selatan, S. (2019). Validitas Pengembangan Pembelajaran Teka-teki Silang pada Materi Plantae di Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 23–28.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Lutfiah, D. (2023). Penggunaan Aplikasi Google Sites sebagai Media Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Ngaglik 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 93–118. https://jurnal.widyahumaniora.org/

Magdalena, I., Maulida, A., & Azizah, N. W. (2024). Model Desain ADDIE pada Pembelajaran di SD Negeri Kedaung Wetan Baru 2. Sindoro Cendikia Pendidikan, 3(2), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Marufah, S., Atiqoh, & Suhari. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Model ADDIE pada Materi Aktivitas Gerak Ritmik Kelas XII. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9835–9840. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2879

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Nurzila, N. (2022). Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Perlu Strategi Tepatguna. Jurnal Literasiologi, 8(4), 89–98. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.397

Rachman, E. F., & Setiyawati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 489–496. http://jurnaledukasia.org

Sari, R. K., Chan, F., Kurnia, D. H., Syaferi, A., & Sa’diah, H. (2020). Analysis of the Low Students Motivation in the Science. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 63–79.

Setyaningrum, I., Nuraini, A. I., Savitri, E. N., & Berdiferensiasi, P. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional IPA, 34–43.

Wahyudi, S. U., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1064. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2446




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.