PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HAYATI PANTAI THE LEGEND PAMEKASAN

Anisatus Sholihah, Mochammad Ahied, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Wiwin Puspita Hadi, Aida Fikriyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan ensiklopedia keanekaragaman hayati pantai the legend Pamekasan. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba perorangan yaitu 3 orang siswa dan uji coba kelompok kecil 8 siswa kelas VII A SMPN 3 Pademawu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Hasil validitas ahli materi dan ahli media mendapatkan skor 1 dengan kategori validitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka bahan ajar ensiklopedia keanekaragaman hayati pantai the legend Pamekasan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Rata-rata persentase hasil respons siswa pada uji coba perorangan sebesar 89,58%, uji coba kelompok kecil sebesar 84,48%. Adapun rata-rata persentase hasil keterbacaan siswa mendapatkan pada uji coba perorangan sebesar 88,19%, uji coba kelompok kecil sebesar 85,42%.


Keywords


ensiklopedia, pantai the legend, pemahaman konsep siswa

References


Arifuddin, A., Sutrio, S., & Taufik, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894–900. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.631

Bella, R. M., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1729–1738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.375

Diansyah, A., Tanjung, F., & Nasution, A. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Digital Pada Mata Kuliah Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 24. https://doi.org/10.24114/ph.v6i2.28082

Hake. (1999). Analyzing Charge Gain Scores. America Educational Research Association’s Division, Measurrement and Research Methodology.

Hoiroh, M. M. A. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Sma. Bioedu, 9(1), 292–201.

Magdalena, I., & , Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini , Maulidia Ayu Fitriani, A. A. P. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Identitas Nasional Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Civic Hukum, 6(2), 112–123. https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.14612

Wisudawati, A. W. & S. E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA (Cetakan Pe). PT Bumi Aksara.

Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 143–152. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1179




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.