Analisis Scientific Writing Skills Peserta Didik Melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Metode Mind Mapping

Hamzah Sisil Muarifah, Wiwin Puspita Hadi, Mochammad Ahied, Aditya Rakhmawan, Aida Fikriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil scientific writing skills dengan menggunakan model problem based learning berbantuan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri di Jawa Timur dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru IPA dengan mempertimbangkan hasil ujian peserta didik. Scientific writing skills ditulis dalam bentuk essay yang terdiri dari 4 indikator. Hasil Scientific Writing Skills kelas VII E yakni 86,05 dengan kriteria sangat baik.

Keywords


Mind Mapping, Problem Based Learning, Scientific Writing Skills

References


Ardyani, W., Nugroho, A. A., Shodiqin, A. (2020). Instrumen Angket Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik untuk Siswa SMP: Validitas dan Reliabilitas. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (5th SENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, 1–7

Darmayanti, U., Wulandari, S., Suzanti, F. (2021). The Effect of Mind Map Integration in the Problem Based Learning Model On Creative Thinking of VIII Class Students. Journal of Educational Sciences, 5(1), 66–79. https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES/article/view/8128/6702

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Dispriyani, N., Ramli, M., Nurmiyati, Sumarjiyana, T. (2015). Meningkatkan Scientific Writing Skill Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X MIA 7 SMA N 4 Surakarta Menggunakan Guided Inquiry Learning Dipadu Reading Assignment. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 19. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3864

Harahap, R. N., Ompusunggu, E., Marpaung., Pulungan, E. S. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Kemagnetan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 58–63. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.ph

Jannah, M. E., Nuraini, L., Ulum, B. M. (2021). Analisis Scientific Writing Skills Mahasiswa Pada Praktikum Fisika Kelistrikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7800

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-00d2756c.pdf

Muhibbin., Hidayatullah, A. M. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai di SMA Sains Qur’an Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 113–130. https://doi.org/10.29240/belajea.v5

Nagari, F. M., Wikanengsih., Nugraha, V. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(5), 747–754. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p.v3i5p747-754.5371

Putri, A. I., Banjarnahor, H. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Serbajadi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Matematika. Nautcal: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 834–844. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index

Rahayu, P. A. (2021). Penggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma, 11(1), 65–80.

Rahmawati, M., Sutrio., Makhrus. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reasoning and Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 445–451. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2096

Sari, I. Y., Sumarmi., Utomo, H. D., Astina, K. I. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11–26. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a

Ardyani, W., Nugroho, A. A., Shodiqin, A. (2020). Instrumen Angket Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik untuk Siswa SMP: Validitas dan Reliabilitas. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (5th SENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, 1–7.

Darmayanti, U., Wulandari, S., Suzanti, F. (2021). The Effect of Mind Map Integration in the Problem Based Learning Model On Creative Thinking of VIII Class Students. Journal of Educational Sciences, 5(1), 66–79. https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES/article/view/8128/6702

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Dispriyani, N., Ramli, M., Nurmiyati, Sumarjiyana, T. (2015). Meningkatkan Scientific Writing Skill Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X MIA 7 SMA N 4 Surakarta Menggunakan Guided Inquiry Learning Dipadu Reading Assignment. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 19. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3864

Harahap, R. N., Ompusunggu, E., Marpaung., Pulungan, E. S. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Kemagnetan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 58–63. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.ph

Jannah, M. E., Nuraini, L., Ulum, B. M. (2021). Analisis Scientific Writing Skills Mahasiswa Pada Praktikum Fisika Kelistrikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7800

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-00d2756c.pdf

Muhibbin., Hidayatullah, A. M. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai di SMA Sains Qur’an Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 113–130. https://doi.org/10.29240/belajea.v5

Nagari, F. M., Wikanengsih., Nugraha, V. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(5), 747–754. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p.v3i5p747-754.5371

Putri, A. I., Banjarnahor, H. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Serbajadi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Matematika. Nautcal: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 834–844. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index

Rahayu, P. A. (2021). Penggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma, 11(1), 65–80.

Rahmawati, M., Sutrio., Makhrus. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reasoning and Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 445–451. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2096

Sari, I. Y., Sumarmi., Utomo, H. D., Astina, K. I. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11–26. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a

Sinaga, H. S. (2022). The Influence of Problem Based Learning Models on the Ability to Write Dramatic Texts for Class VII Students of SMP Negeri 3 Pagaran. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 68–86. https://doi.org/10.55299/ijere.v1i1.127

Suwandi, N. I. (2022). An Analysis of Academic Writing Acquisition of University Students in Indonesian Classes. International Journal of Social Science, 2(1), 1103–1108. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i1.2306

Suyono., Muskhir, M. (2021). Validitas Job Sheet Mikrokontroler Menggunakan Bahasa Pemrograman C. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 56–59. https://doi.org/10.24036/jpte.v2i1.85

Timor, R. A., Ambiyar., Dakhi, O., Verawadina, U., Zagoto, M. M. (2021). Effectiveness Of Problem Based MOdel Learning On Learning Outcomes And Student Learning Motivation In Basic Electronic Subjects. International Journal Of Multi Science, 1(10), 1–8. https://multisciencejournal.com/index.php/ijm/article/view/127

Toppen, W. (2014). Cara Menulis Sains. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.26306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.