IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN PENYEBAB MISKONSEPSI TERHADAP MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

Sekar Asti Andini, Wahyu Kurniawati

Abstract


Dalam pembelajaran fisika biasanya sering adanya miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik, untuk mengetahui hal tersebut dilakukan sebuah Penelitian ulang bertujuan Untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa sekolah dasar pada materi sifat-sifat cahaya serta mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi terhadap materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif  kualitatif  dan wawancara yaitu menggunakan tes berupa multiple choice (pilihan ganda) terhadap 10 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukan miskonsepsi pada kategori tinggi  terjadi pada dua indikator yang berkaitan dengan sifat-sifat cahaya. Dengan presentase 30% pada pokok pembiasan cahaya dan 40% pada sifat cahaya merambat lurus yang disajikan dalam sebuah gambar. Yang disebabkan karena kurangnya kreatifitas dalam pembelajaran di kelas.


Keywords


Cahaya, Miskonsepsi, Pilihan ganda

References


Adi, Yogi Kuncoro, and Ndaru Mukti Oktaviani. 2019. “Miskonsepsi Siswa Sd Pada Materi Physical Processes: Sebuah Studi Kasus.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 2(1): 1.

Alawiyah, Sarifah Nur, Ngamidin, and Abdul HAmid. 2017. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) Pada Materi Impuls Dan Momentun Linear Di SMAN 2 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 2(2): 272–76.

Arif, Muchamad. 2015. “Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda.” Edutic - Scientific Journal of Informatics Education 1(1): 1–9.

Dewi, Suci Zakiah, and Tatang Ibrahim. 2019. “Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan UNIGA 13(1): 130–36.

Fajarianingtyas, Dyah Ayu, Herowati Herowati, and Ratih Yuniastri. 2018. “Gaya Belajar Dan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks Di Sma Negeri I Sumenep.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 7(1): 13–22.

Istidah, Anik, Usep Suherman, and Abdul Holik. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi 2(1).

Laksana, Dek Ngurah Laba. 2016. “Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2): 166.

Pujayanto; Budiharti, Rini; Waskita, Sutadi; Raharjo, Trustho. 2009. “Profil Miskonsepsi Siswa SD Pada Konsep.” Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Wahyuningsih, Esti. 2016. “Identifikasi Miskonsepsi Ipa Siswa Kelas V Di Sd Kanisius Beji.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 22: 115–23.

Yolanda, Yaspin. 2017. “Remediasi Miskonsepsi Kinematika Gerak Lurus Dengan Pendekatan STAD.” Science and Physics Education Journal (SPEJ) 1(1): 39–48.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.23495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.