PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN MIND MAP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan LKPD berbantuan mind map pada materi pencemaran lingkungan. LKPD berbantuan mind map yang terdapat materi dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan lingkungan dalam belajar. Selain itu untuk mengetahui kelayakan media, kelayakan materi, kelayakan keterbacaan, dan kelayakan respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain 4-D (Define, Design, Development, dan Dessiminate). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kamal di Kabupaten Bangkalan pada sesemter genap 2022/2023. Sampel penelitian yang digunakan 17 peserta didik. Sampel diambil dati teknik random sampling. Data yang dianalisis terkait validitas media, validitas materi, keterbacaan peserta didik, dan respon peserta didik. Hasil validasi media sebesar 83,33% dengan kriteria cukup valid. Hasil validasi materi sebesar 90,83% dengan kriteria sangat valid. Hasil persentase keterbacaan peserta didik sebesar 88,89% dengan kriteria sangat valid, dan hasil persentase respon peserta didik sebesar 77,78% dengan kriteria cukup valid. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa LKPD berbantuan mind map dapat digunakan dalam pembelajaran materi pencemaran lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aldiyah.E, (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1(1).67-76.
Arkadiantika.I, et al, (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1). 29-36.
Astuti.Y.P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation dengan Advance Organizer umtuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilam Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. 2(3).
Aswara, S., Amanda, F. D., & Fitriani, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Materi Tekanan Siswa SMAN 2 Sungai Penuh. Integrated Science Education Journal, 3(1), 16–23.
Arrohman.D.A, et al (2022). Implementasi Penggunaan LKPD Pencemaran Air Berbasis STEM dan Model Learning Cycle 6E Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 10(2). 279-293.
BSNP. 2013. Instrumen Penelitian. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Darmuki.A, et al, (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 3(2). 263-276.
Effendi.R, et al, (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(2). 920-929.
Ertiana.E.D, (2022). Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Masyarakat Literatur Review. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. 12(2). 287-296.
Hasyda & Djenawa, (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Bermedia Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(3). 696-702.
Hasanah, Z., Pada, A, U., Safrida., Artika, W., dan Mudatsir. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9(1). 65-75.
Handayani.N.A, & Jumasi, (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9(2). 217-233.
Kulsum.N.S, et al, (2020). Implementasi Model Discovery Learning Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 15(2). 55-65.
Kriswanto.D.B, & Rochmawati, (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasi M-Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesi. 18(2). 28-44.
Kusumawati.I.T, et al, (2022). Studi Kepustakaan Berpikir Kritis dengan Pengerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Kontruktivisme. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). 5(1). 13-18.
Lestari, I, & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA.
Lestari.M, et al, (2020). Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII di SMPN 40 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. 3(2). 46-53.
Leonarda, Y., Hokeng, S., Leto, K.T., & Nisa,K.R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik di SMA Negeri 1 Talibura. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 5(2),
–93.
Novayulianti, R. et al, (2022). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Disini Duri Kepa 05 Dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian. 2(3). 987-996.
Nailufar.Z, et al, (2021). Studi Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 15(1). 50-59.
Putri.P.A.G, et al, (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata SuryavBerorientasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal For Lesson and Learning Studios. 5(1). 106-110.
Ramlawati, et al, (2020). Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII di SMPN 40 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. 3(2). 46-53.
Ragilena.R.N, et al, (2022). Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika (STEAM) pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Citra Pendidikan. 2(3). 522-527.
Rajagukguk.K.P, et al. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pe mbelajaran Model 4D pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). 14-22.
Ramzani, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Mtsn Sabang. Skripsi Pendidikan Biologi. Program Sarjana Universitas Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Rianto.B.W, et al, (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. 15(1). 459-465.
Riyadi.S, et al, (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1). 41-46.
Sari, I.K.W, & Wulandari.R, (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 3(2). 145-150.
Sahril, et al, (2022). Pengembangan LKPD Pencemaran Lingkungan Berbasis PBI (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTS di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(4). 2379-2392.
Shofiyani.A, et al, (2022). Implementasi Teoro Belajar Behavioristik di MI Al-Asyari’ah Jombang. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kajian Linguistik. 5(2). 22-31.
Susanti, N. K. E., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690.
Sunarti & Rusilowati, (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scrath Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.22042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.