PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Dhela Teguh Ardiany, Maria Chandra Sutarja, Badrud Tamam, Wiwin Puspita Hadi, Mochammad Yasir

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengetahui kelayakan media pop up book, keterbacaan, dan respons siswa pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang mempunyai tahapan (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Labang. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket validasi ahli media dan materi, angket keterbacaan, serta angket respons siswa. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh data sebagai berikut: 1) Hasil rata-rata kelayakan media pop up book sebesar 97,5% dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil rata-rata keterbacaan media pop up book sebesar 92,42% dengan kriteria sangat baik. 3) Hasil rata-rata respons siswa sebesar 91,60% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pop up book layak digunakan pada pembelajaran dengan materi sistem ekskresi.

Keywords


media pop up book; pengembangan; sistem ekskresi

References


Aini, N., Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Mi Al-Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 179–182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1246

Amini, F., Nasution, M, Y., Mulkan, M., & Sugioto, H. (2018). Analisis Kemmapuan Kognitif dan kesulitan belajar siswa materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Karang Baru. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4).

Anggraini, Y., & Febrianto, P. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Tema 7 Subtema 2 Kelas V UPTD SDN Gili Barat. Seminar Nasional Lppm …, 1, 477–487. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9775

Cahyani, D. D., & Sari, M. (2020). Penggunaan media pop up book dalam menanamkan pendidikan moral pada anak usia dini. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 73-86

Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122.

Fadila, R. R., Aprison, W., & Musril, H. A. (2021). Perancangan perizinan santri menggunakan bahasa pemograman PHP/MySQL di SMP Nurul Ikhlas. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(2), 84-95.

Hartanti, F. D., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika sigeru buku pop-up berbasis etnomatematika materi kubus dan balok. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(1), 31-37.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.21975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.