PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui adanya perbedaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi bumi dan tata surya kelas VII SMP/MTS. Metode yang digunakan pada penelitian yakni Quasi Experiment dengan menggunakan desain penelitian berupa Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Purwosari Bojonegoro Tahun Ajaran 2022/2023. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney U dengan analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan uji N-Gain Score. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai sigifikasi 0,000 kurang dari dari 0,05 maka H0 ditolak dengan arti H1. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas eksperimen pada nilai N-Gain Score 0,57 dengan kategori sedang. 2) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD memiliki nilai rata-rata 85% dengan kategori sangat baik. 3) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD memiliki rata-rata 96% dengan kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran Ipa Di Smp. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85
Ardiyansyah, A., Junaidi, E., & Hadisaputra, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(2), 44. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1396
Astuti, T., Nurrachmat, L., Junaedi, A., & Mulianingsih, F. (2022). Model Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Implementasi Merdeka Belajar Pada Siswa SD Masa Pandemi Covid-19. Efektor, 9(1), 76–86. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.17603
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Reseach, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Cahyaningrum, N. E. O., & Abidin, Z. (2022). Pengembangan Media Animasi dalam Model Pembelajaran STAD Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–189. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p180
Gaol, A. F. L., Azizahwati, & Zulhelmi. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented Reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14190–14199. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4684
Girsang, B., Ayu, E., Sinaga, L., Tamba, P. G., Sihombing, I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment ( PISA ) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. October, 172–180.
Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889
Indrayana, I. P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Herlina, R., Suryaningsih, N. M. A., Wahyudin, Marlinda, N. L. P. M., Maspuroh, U., Afriyani, N., Azizah, N. N., Capricanilia, S. D. I., Yakin, A., Tirta, G. A. R., & Sulistyani, U. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. CV.Media Sains Indonesia.
Ishma, E. F., & Novita, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN Surabaya Materi Faktor Laju Reaksi dengan Inkuiri Terbimbing Online. Chemistry Education Practice, 4(1), 10. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2272
Laila Qadriah, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis Matematik Siswa Smk Negeri 1 Sigli Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Maple. Jurnal Sains Riset, 9(2), 9–16. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i2.109
Lamut, T., Hariyanti, S., & Dinnullah, R. N. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran PAK. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2828
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis dan PBL. Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Mulyani, S., Sudiyana, B., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro. Jurnal Pendidikan, 31(3), 333. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2852
Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4828–4838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3073
Purwanti, A., Hujjatusnaini*, N., Septiana, N., Amin, A. M., & Jasiah, J. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Blended-Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Berdasarkan Students Skill Level. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 235–245. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.25705
Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226
Sulaiman, W. (2013). Statistik Non-Parametrik Contoh Studi Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS. Andi.
Suntoro, A. (2020). Tipe Student Teams Achievment Divisions Suatu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Tata Surya Kelas Vii Smp Negeri 1 Lebaksiu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 39–48.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January), 1–2. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Wulandari, A. (2022). Pergeseran Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–33
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.21025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.