PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS VIII-H SMPN 4 TUBAN

Riskotul Hasanah, Suryanto Suryanto

Abstract


Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerpakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode eksperimen pada mteri sifat-sifat cahaya dan cermin datar. Metode yang digunakan penelitian dilaksanakan dengan melalui 2 siklus. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan, pemberian tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada siklus I dapat diketahui nilai rata-ratanya adalah 56,16 sehingga pencapaian ketuntasan sebesar 50 %.  Sedangkan hasil yang diperoleh siklus 2 nilai rata-ratnya adalah 69,84 sehingga pencapaian ketuntasan sebesar 69%. Maka kesimpulannya adalah ada  peningkatan hasilbelajar siswa dengen penerapan model Problem Based Learning metode Eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya dan cermin datar.


Keywords


Model Problem Based Learning; Metode eksperimen; Hasil Belajar

References


Astika, I. A. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Metode Eksperimen Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30196

Dhaki, A. . (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Hadi, W. P., dkk. (2019). Development of Magazine on Madura Salt Theme With Ethnoscience Approach To Improve Student ’ S Character. Unnes Science Education Journal, 8(2), 118–129.

Hamdani, M., dkk. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen the Improve Ability to Think Critically through the Experimental Method. Proceeding Biology Education …, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Kristiana, T.F., & Rdia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828

Mudanta, K. A., dkk. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Nugraha, D. M. D. . (2022). Hubungan Kemampuan Literasi Sainsdengan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 153–158. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.20826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.