ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI TATA SURYA SMP AL-BAISUNY KOKOP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keterampilan argumentasi siswa SMP AL-Baisuny Kokop pada meteri tata surya. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan 28 siswa. Instrumen yang digunakan sebanyak 5 soal essal yang meliputi indikator klaim, data, dan pembenaran. Hasil penelitian keterampilan argumentasi di SMP AL-Baisuny Kokop dengan rata-rata 64,44 hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII sudah cukup dalam memberikan argumentasi terhadap permasalahan. Hasil indikator yang diperoleh dengan klaim 80,71 yang tergolong pada kualifikasi baik, Hal ini menunjukkan siswa sudah baik dalam memberikan klaim. data dengan rata-rata 69,28 tergolong pada kualifikasi cukup, hal ini menunjukkan siswa mampu memberikan data pendukung terhadap klaim yang diberikan, dan pembenaran dengan rata-rata 43,33 yang tergolong pada kualifikasi kurang, hal ini menunjukkan siswa kurang mampu dalam memberikan alasan terhadap klaim dan data yang diberikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.16698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.