PENERAPAN MODEL CREATIVE RESPON SIBILITY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH

Nurul Aini, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Wiwin Puspita Hadi, Irsad Rosidi, Aditya Rakhmawan

Abstract


Kreativitas ilmiah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki peserta didik. Hal ini dikarenakan kreativitas ilmiah dapat membantu peserta didik menyelesaikan suatu permasalah dengan menggunakan daya imajinasi dan pengetahuan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kreativitas ilmiah sebelum dan sesudah penerapan model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) berbantuan media kokami dikelas VII A UPTD SMP Negeri 1 Sepulu pada materi pemanasan global. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre-Eksperiment dengan desain One-Group Pretest posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 29 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model CRBL berbantuan media kokami dengan hasil thitung kurang dari ttabel (-6,407 kurang dari -2,048) dan signifikan 0,000 kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan model CRBL berbantuan media kokami terdapat perbedaan pada kreativitas ilmiah.


Keywords


Kreativitas ilmiah; Media kokami; Model CRBL; Pemanasan global

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.16672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.