Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving Berbantuan Media PhET
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki siswa. Sebab keterampilan ini dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah di pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII-C SMPN 1 Singgahan Tahun Ajaran 2021/2022 dalam pembelajaran Collaborative Problem Solving berbantuan media PhET pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Penelitian menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas VIII-C sebanyak 31 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes yang berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan uji N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model Collaborative Problem Solving berbantuan media PhET dengan hasil N-gain sebesar 0,60 di kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran Collaborative Problem Solving berbantuan media PhET
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.16671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.