PENGEMBANGAN KOMIK SAINS TEMA PRODUKSI GARAM BERBANTUAN MEDIBANG PAINT PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, tingkat keterbacaan, dan respons siswa tentang media komik sains tema produksi garam berbantuan medibang paint pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang mempunyai tahapan (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Sampel penelitian merupakan 25 siswa kelas VII-A SMPN 5 Sumenep. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling tipe purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian pengembangan komik sains yang dinilai oleh validator ahli media memperoleh nilai validitas media sebesar 83,75% dan nilai reliabilitas media sebesar 89,99%, berdasarkan hasil yang diperoleh komik sains sangat valid dan reliabel. Hasil penelitian pengembangan yang dinilai oleh validator ahli materi memperoleh nilai validitas sebesar 80,55% dan nilai reliabilitas materi sebesar 90,43%, berdasarkan hasil yang diperoleh materi yang digunakan dalam komik sains sangat valid dan reliabel. Hasil tingkat keterbacaan media memperoleh nilai sebesar 88,67%, dan respons siswa terhadap media sebesar 87%, berdasarkan hasil yang diperoleh komik sains mempunyai tingkat keterbacaan dan respons yang sangat tinggi oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akcanca, N. (2020). AN ALTERNATIVE TEACHING TOOL IN SCIENCE EDUCATION : EDUCATIONAL COMICS. Journal of Education and Teaching, 07(04), 1550–1570.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publisihing.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department ofEducational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36–42.
Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79. https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608
Harahap, S. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA. Integrated Science Education Journal, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.37251/isej.v1i1.21
Hevria, S. (2021). Pembelajaran Menggunakan Komik. UNP Press.
Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (Ke-1). Aksara Timur.
Lanti, E. (2017). Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar (Ke-1). Athra Samudra.
Mahendra, E. R., Siantoro, G., & Prnamono, M. (2021). Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Education …, 9(1), 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375
Mawardani, E., Vitasari, M., & Berlian, L. (2022). VALIDITY OF INFOGRAPHIC LEARNING MEDIA THEME OF GREEN GROWTH IN TRAINING CRITICAL THINKING SKILLS. Jurnal Pena Sains, 9(1). https://doi.org/10.21107/jps.v9i1.13721
Nazilah, N., Rosidi, I., M, L. K., & Wulandari, A. Y. R. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. 2013, 192–205.
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Ke-1). Edu Publisher.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., & Mawati, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. yayasan kita menulis.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Deepublish.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ke-1). Literasi Media Publishing.
Subakti, H., Utami, N. R., & Sulaeman, D. (2022). Teori Pembelajaran (Ke-1). Yayasan Kita Menulis.
Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains, dan Kearifan Lokal. CV Swadaya Manunggal.
Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi.
Wahyudi, Saputri, D. F., & Koriaty, S. (2019). Media Pembelajaran IPA SMP Desain Sederhana Hingga Berbasis ICT (Ke-1). Program Studi Fisika IKIP PGRI Pontianak.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembalajaran IPA (Ke-1). PT Bumi Aksara.
Yulianingsih, E., & Ikhsan, J. (2018). Pengembangan Media Komik IPA Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP Developing Character- Based Science Comic In Improving Students ’ Concept Understanding Of Students Junior High School. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 123–131.
Yulianti, R. E., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). PENERAPAN MEDIA VISUAL MOBILE LEARNING BERBASIS COMIC ANDROID GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9(3), 407–413.
Zuhrowati, M., Abdurrahman, & Suyatna, A. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI. Jurnal Pendidikan Fisika, 06(02), 144–158.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.16582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.