ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PECERNAAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR-TIER TEST

muhammad hafid sirajudin, Wiwin Puspita Hadi, Eva Ari Wahyuni, Irsad Rosidi, Mochammad Yasir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi siswa pada konsep sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method dan dilakukan di MTs Walisongo Sugihwaras dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 35 siswa dari kelas VIII A. Pengumpulan data kuantitatif dengan menggunakan instrumen four tier test dan data kualitatif menggunakan instrumen wawancara. Teknik analisis data: (1) data kuantitatif dengan persentase, (2) data kualitatif dengan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan 14% siswa paham konsep, 45% siswa mengalami miskonsepsi, 12% kesalahan (error), dan 29% siswa tidak paham konsep. Miskonsepsi terjadi karena (1) minat belajar siswa rendah, (2) kemampuan kognitif siswa rendah, (3), sumber belajar terbatas, (4) media pembelajaran kurang mendukung, (5) proses pembelajaran tidak kondusif.


Keywords


Miskonsepsi, sistem pencernaan, four-tier tet

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Harrison, R. L., Reilly, T. M., & Creswell, J. W. (2020). Methodological Rigor in Mixed Methods : An Application in Management Studies. Journal of Mixed Methods Research, 14(4), 1–23

Herefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Pada Anak Usia Dini. PM Publisher.

Ibrahim, M. (2018). Perubahan Konsep IPA : Melalui Modifikasi Model Pemerolehan Konsep. Zifatama Jawara.

Islami, D., Suryaningsih, S., & Bahriah, E. S. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Four-Tier Multiple-Choice (4TMC). Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 21–29

Pakpahan, T. R., Hernawati, D., & Ardiansyah, R. (2020). Analysis Of Students’ Misconceptions On The Nervous System Materials Using the Four-Tier Diagnostic Test. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(1), 27–36.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. JPPM, 11(1), 19–30.

Rochim, F. N., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Metode Four Tier Test dengan Certainty of Response Index (CRI). Natural Sciene Education Research, 2(2), 140–149.

Satriawan, H. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Statistika SMP Kelas IX. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 278–285.

Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., Ilhami, A., & Diniya, D. (2020). Mixed Methods Research : Trends and Issues in Research Methodology. Bedelau : Journal of Education and Learning, 1(1), 63–73.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.16540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.