Pengembangan Media Scrapbox untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Sistem Tata Surya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mngukur kelayakan, respon dan minat belajar siswa
terhadap media scrapbox pada materi sistem tata surya. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu
Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Blega dengan sampel kelas VII-D yang
berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu memperoleh nilai rata-rata validasi
media sebesar 94,45% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas sebesar 95,23%
dengan kriteria reliabel. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 91,68%
dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas sebesar 92,85% dengan kriteria
reliabel. Hasil angket respons siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,22%
dengan kriteria sangat baik. Angket minat belajar siswa memperoleh nilai rata-rata
sebesar 86,96% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : ADDIE, Scrapbox, Tata Surya
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah:
Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (2), 205. doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10012.
Arifin, S., Hidayati, Y., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Uji Kelayakan
Buku Ajar Berbasis Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Natural Science
Education Research, 2(2), 133-139.
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran
Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi
Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95-104. doi:
21043/thabiea.v2i2.5950.
Arthur, R., Sekartaji, G. T., Maulana, A., & Dewi, L. K. (2019). Pengembangan
media video presentasi pada mata kuliah hidrologi di Universitas Negeri
Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2).
doi:
31800/jtp.kw.v7n2.p170--183.
Bawala, A., Lolombulan, J. H., & Kumesan, S. L. (2017). Pengaruh penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil
belajar siswa pada materi matriks. JSME (Jurnal Sains, Matematika &
Edukasi), 5(1), 59-62.
Branch, Robert, M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach.
Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh model discovery
learning dengan pendekatan scientific berbasis e-book pada materi rangkaian
induktor terhadap hasil belajar siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik
Elektro), 2(2), 21-28. doi: 10.25273/jupiter.v2i2.1795.
Christalisana, C. (2018). Pengaruh Pengalaman Dan Karakter Sumber Daya
Manusia Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Kualitas Pekerjaan
Pada Proyek Di Kabupaten Pandeglang. Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 7(1).
doi: 10.36055/jft.v7i1.3305.
Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata
pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and
Vocational Education), 2(2), 204-210. doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
Eryanto, D. R. D., & Prestiliano, J. (2017). Design of learning media for the solar
system lesson using animation and virtual reality. Open Science
Journal, 2(1). doi: 10.23954/osj.v2i1.790.
Fallensky, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Macromedia Flash Materi Kewargaan Digital Di SMK Pasim Plus
Sukabumi. utile: Jurnal Kependidikan, 7(1), 42-49.
doi:
37150/jut.v7i1.1094.
Fadila, R. R., et al. (2021). Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa
Pemograman PHP/MySQL Di SMP Nurul Ikhlas, CSRID (computer Science
Research and Its Development Journal), 11(2),84.
Hadikristanto, W. (2018). Pembelajaran sistem tata surya untuk siswa sekolah
dasar berbasis UNITY 3D. Jurnal SIGMA, 8(1), 85-94.
Hanafi, H., & ISLAMICA, S. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang
pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman 4(2):129–50.
Masri, M., & Lasmi, E. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya
Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 40-46.
Mukhsin, R., Mappigau, P., & Tenriawaru, A. N. (2017). Pengaruh orientasi
kewirausahaan terhadap daya tahan hidup usaha mikro kecil dan menengah
kelompok pengolahan hasil perikanan di Kota Makassar. Jurnal
Analisis, 6(2), 188-193.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal
Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S.
(2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Hasil BelajaR IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA
Indonesia, 2(1).
Putra, D. S., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Application of the Use of Digital
Media in Learning Solar System in Elementary School. International Journal
of Research and Applied Technology (INJURATECH), 2(1), 108-113.
Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media
Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. doi: 10.37859/jf.v11i2.2546.
Saputra, O. (2018). Revolusidalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto
Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya. Jurnal Filsafat
Indonesia, 1(2), 71-74. doi: 10.23887/jfi.v1i2.13992.
Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. (2019). Pengembangan Scrapbook
Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and
Mathematics Education, 2(2), 270-276.
Septiana, W., & Kusumaningtyas, L. E. (2019). Pengaruh Layanan Informasi
Tentang Manajemen Waktu Terhadap Kemandirian Siswa Full Day School
Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Medikons:
Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 5(2).
Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik
Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.
doi: 10.37755/jsap.v9i1.249.
Siregar, S. (2017). Fisika Tata Surya.
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017, October). Analisis Validitas
Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi
Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. In Proceeding Biology
Education Conference (Vol. 14, No. 1, pp. 581-584).
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2),
-88. doi: 10.36088/islamika.v1i2.208.
Susliana, D., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran
Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Struktur Bumi dan
Dinamikanya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 220-227.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat
belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. doi:
32585/jkp.v2i2.113.
Utaminingsih, S., Agustini, F., & KHB, M. A. (2019). Pengembangan Media
Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang
Tuaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64-70. doi:
23887/jppp.v3i2.17378.
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar. Jurnal Ilmu
Pendidikan, 7(2), 809-820. doi: 10.32505/ikhtibar.v7i2.618.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.16007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.