Pengembangan Media Scrapbox untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Sistem Tata Surya

Nurul Faroh, Mochammad Ahied, Badrud Tamam, Irsad Rosidi, Maria Chandra Sutarja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mngukur kelayakan, respon dan minat belajar siswa
terhadap media scrapbox pada materi sistem tata surya. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu
Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Blega dengan sampel kelas VII-D yang
berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu memperoleh nilai rata-rata validasi
media sebesar 94,45% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas sebesar 95,23%
dengan kriteria reliabel. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 91,68%
dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas sebesar 92,85% dengan kriteria
reliabel. Hasil angket respons siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,22%
dengan kriteria sangat baik. Angket minat belajar siswa memperoleh nilai rata-rata
sebesar 86,96% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : ADDIE, Scrapbox, Tata Surya


References


Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah:

Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (2), 205. doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10012.

Arifin, S., Hidayati, Y., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Uji Kelayakan

Buku Ajar Berbasis Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Natural Science

Education Research, 2(2), 133-139.

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran

Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi

Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95-104. doi:

21043/thabiea.v2i2.5950.

Arthur, R., Sekartaji, G. T., Maulana, A., & Dewi, L. K. (2019). Pengembangan

media video presentasi pada mata kuliah hidrologi di Universitas Negeri

Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2).

doi:

31800/jtp.kw.v7n2.p170--183.

Bawala, A., Lolombulan, J. H., & Kumesan, S. L. (2017). Pengaruh penggunaan

model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil

belajar siswa pada materi matriks. JSME (Jurnal Sains, Matematika &

Edukasi), 5(1), 59-62.

Branch, Robert, M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach.

Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh model discovery

learning dengan pendekatan scientific berbasis e-book pada materi rangkaian

induktor terhadap hasil belajar siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik

Elektro), 2(2), 21-28. doi: 10.25273/jupiter.v2i2.1795.

Christalisana, C. (2018). Pengaruh Pengalaman Dan Karakter Sumber Daya

Manusia Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Kualitas Pekerjaan

Pada Proyek Di Kabupaten Pandeglang. Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 7(1).

doi: 10.36055/jft.v7i1.3305.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata

pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and

Vocational Education), 2(2), 204-210. doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.

Eryanto, D. R. D., & Prestiliano, J. (2017). Design of learning media for the solar

system lesson using animation and virtual reality. Open Science

Journal, 2(1). doi: 10.23954/osj.v2i1.790.

Fallensky, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis

Macromedia Flash Materi Kewargaan Digital Di SMK Pasim Plus

Sukabumi. utile: Jurnal Kependidikan, 7(1), 42-49.

doi:

37150/jut.v7i1.1094.

Fadila, R. R., et al. (2021). Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa

Pemograman PHP/MySQL Di SMP Nurul Ikhlas, CSRID (computer Science

Research and Its Development Journal), 11(2),84.

Hadikristanto, W. (2018). Pembelajaran sistem tata surya untuk siswa sekolah

dasar berbasis UNITY 3D. Jurnal SIGMA, 8(1), 85-94.

Hanafi, H., & ISLAMICA, S. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang

pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman 4(2):129–50.

Masri, M., & Lasmi, E. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya

Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 40-46.

Mukhsin, R., Mappigau, P., & Tenriawaru, A. N. (2017). Pengaruh orientasi

kewirausahaan terhadap daya tahan hidup usaha mikro kecil dan menengah

kelompok pengolahan hasil perikanan di Kota Makassar. Jurnal

Analisis, 6(2), 188-193.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal

Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S.

(2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Hasil BelajaR IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA

Indonesia, 2(1).

Putra, D. S., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Application of the Use of Digital

Media in Learning Solar System in Elementary School. International Journal

of Research and Applied Technology (INJURATECH), 2(1), 108-113.

Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media

Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. doi: 10.37859/jf.v11i2.2546.

Saputra, O. (2018). Revolusidalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto

Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya. Jurnal Filsafat

Indonesia, 1(2), 71-74. doi: 10.23887/jfi.v1i2.13992.

Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. (2019). Pengembangan Scrapbook

Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and

Mathematics Education, 2(2), 270-276.

Septiana, W., & Kusumaningtyas, L. E. (2019). Pengaruh Layanan Informasi

Tentang Manajemen Waktu Terhadap Kemandirian Siswa Full Day School

Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Medikons:

Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 5(2).

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik

Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.

doi: 10.37755/jsap.v9i1.249.

Siregar, S. (2017). Fisika Tata Surya.

Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017, October). Analisis Validitas

Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi

Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. In Proceeding Biology

Education Conference (Vol. 14, No. 1, pp. 581-584).

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2),

-88. doi: 10.36088/islamika.v1i2.208.

Susliana, D., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran

Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Struktur Bumi dan

Dinamikanya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 220-227.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat

belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. doi:

32585/jkp.v2i2.113.

Utaminingsih, S., Agustini, F., & KHB, M. A. (2019). Pengembangan Media

Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang

Tuaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64-70. doi:

23887/jppp.v3i2.17378.

Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar. Jurnal Ilmu

Pendidikan, 7(2), 809-820. doi: 10.32505/ikhtibar.v7i2.618.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.16007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.