KELAYAKAN MODUL IPA MATERI TATA SURYA TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE. Dalam model ASSURE terdiri dari enam tahapan yaitu analyze learner, state standard and objectives, select methods and media and materials, ultilizer methods and media and materials, requires learner participation, evaluate and revise. Hasil dan analisis data pada penelitian menunjukkan modul IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an sangat valid dan reliabel yang ditinjau berdasarkan kelayakan media memperoleh nilai sebesar 0,88 dengan nilai reliabilitas sebesar 92,38%. Sedangkan pada kelayakan materi memperoleh nilai sebesar 0,93 dengan kriteria sangat valid dan reliabilitasnya memperoleh nilai sebesar 96,43% dengan kriteria reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Assure, Ayat-Ayat Al-Qur”an, Modul, Tata Surya
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdi, A. A. (2017). Integration of Islamic and Secular Education in Kenya : A Synthesis of the Literature. 5(3), 67–75.
Adi, D. W. (2021). “PACUL” Alat Tradisonal untuk Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 108–112. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50081
Alfafa, M. F., et al. (2018). Pengembangan Blended Learning Tipe Stationrotation Model pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Multimedia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 222–232.
Amsari, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.49
Arifin, S., et al. (2019). Uji Kelayakan Buku Ajar Berbasis Ayat Al- Qur ’ an pada Materi Tata Surya. Natural Science Education Reseach, 2(2), 133–139.
Asysyifa, D. S., et al. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Sains Quran pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya. Unnes Physics Education Journal, 6(1), 44–54. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej%0A
Bin Baba, S., et al. (2018). Historical development of islamic integrated education in Malaysia since 15th century: Current needs for the globalized world. History of Education and Children’s Literature, 13(2), 9–30.
Fadila, R. R., et al. (2021). Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa Pemograman PHP/MySQL Di SMP Nurul Ikhlas. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(2), 84. https://doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.84-95
Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123–134. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.770
Miftah, M. (2017). Model Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian, 14(2).
Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 7(2), 171–179. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0Ap-ISSN
Ramadani, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053–1062.
Ranti, S., & Usmeldi. (2019). Development of integrated science student’s worksheet (LKPD) based on research-based learning integrated with religion value. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012143
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82–95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76
Sintia, N., & Violita. (2020). The Validity of the Development of Integrated Islam and Science Learning Module Completed with a Concept Map for Integrated Islamic Junior High School. International Journals of Sciences and High Technologies, 24(1), 234–239.
Wahyuni, S. S., & Solfema. (2020). Pengembangan dan Pemamfaatan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model ASSURE di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 221–226. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.143
Wakhidah, N., et al. (2020). Validitas Strategi Scaffolding Imwr (Inspiring-Modeling-Writing-Reporting) Pada Pendekatan Saintifik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1714
Winarto., at al. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Belajar Siswa Aktif dengan Pendekatan Al-Qur’an, Sains, dan Karakter (ALSAK) Bagi Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 90–101.
Wulandari, R. (2017). Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839
Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis STM (Sains, Teknologi dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 21–26. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5899
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI), 18–19.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.15983
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.