EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Allita Marsya, Anwar Syafi’i, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang memadukan pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kefektivitas pendekatan pembelajaran (STEM) pada materi pesawat sederhana terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah peserta didik-siswi kelas VIII di MTs Minsyaul Wathon sebanyak 21 peserta didik. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data yaitu  melalui metode tes dan dokumentasi. Instrumen pretest-posttest berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dan uji-t berpasangan sebagai analisis hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, besar rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan pendekatan STEM yaitu sebesar 62,52% (cukup) sedangkan sesudah diterapkan pendekatan STEM yaitu sebesar 85,71 (baik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEM efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan hasi uji-t berpasangan adalah t hitung = 2.085 lebih dari t tabel = -23,212 maka H1 diterima. Tingkat kefektivitas pada penelitian ini dibuktikan dengan Uji N-Gain sebesar 65,50% dengan kriteria cukup efektif. Kesimpulannya pembelajaran dengan pendekatan STEM efektif terhadap hasil belajar dan implikasi dari penelitian yang telah dilakukan menciptakan pembelajaran efektif di kelas serta berpotensi dalam memaksimalkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Efektivitas; Hasil Belajar; Pembelajaran; STEM



DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.