EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang memadukan pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kefektivitas pendekatan pembelajaran (STEM) pada materi pesawat sederhana terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah peserta didik-siswi kelas VIII di MTs Minsyaul Wathon sebanyak 21 peserta didik. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data yaitu melalui metode tes dan dokumentasi. Instrumen pretest-posttest berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dan uji-t berpasangan sebagai analisis hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, besar rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan pendekatan STEM yaitu sebesar 62,52% (cukup) sedangkan sesudah diterapkan pendekatan STEM yaitu sebesar 85,71 (baik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEM efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan hasi uji-t berpasangan adalah t hitung = 2.085 lebih dari t tabel = -23,212 maka H1 diterima. Tingkat kefektivitas pada penelitian ini dibuktikan dengan Uji N-Gain sebesar 65,50% dengan kriteria cukup efektif. Kesimpulannya pembelajaran dengan pendekatan STEM efektif terhadap hasil belajar dan implikasi dari penelitian yang telah dilakukan menciptakan pembelajaran efektif di kelas serta berpotensi dalam memaksimalkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.