Pengaruh Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Interkoneksi Multipel Representasi Siswa pada Topik Dinamika Kimia

Aditya Rakhmawan, Eva Ari Wahyuni, Rahmad Fajar Sidik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang hubungan kemampuan kognitif siswa terhadap kemampuan interkoneksi multipel representasi mereka dalam topik dinamika kimia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimen dalam bentuk survei. Subjek penelitian menggunakan siswa kelas 11 sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Subjek penelitian yang terlibat ada sebanyak 205 siswa. Instrumen tes yang digunakan dalam survei ini dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Instrumen tes memuat tiga level representasi kimia pada level makroskopik, simbolik, dan submikroskopik. Topik yang diangkat adalah topik dinamika kimia termasuk diantaranya subtopik laju reaksi dan kesetimbangan kimia. Hasil temuan diuji secara statistik menggunakan uji ANOVA diperoleh hasil bahwa capaian belajar siswa pada subtopik laju reaksi yang tinggi secara signifikan menghasilkan dua kemampuan representasi siswa yang tidak berbeda signifikan, yakni di level representasi simbolik dan submikroskopik. Sedangkan capaian belajar siswa pada subtopik kesetimbangan kimia yang rendah menghasilkan ketiga level representasi yang berbeda signifikan

Keywords


Kemampuan kognitif; Tiga level representasi; Laju reaksi kimia; Kesetimbangan kimia

References


Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2007). The Development of Two Tier Multiple-Choice Diagnostic Instrument for Evaluating Secondary School Students’ Ability to Describe and Explain Chemical Reactions Using Multiple Levels of Representation. Chemistry Education Research and Practice, 8(3), 293–307.

------------------------------------------------

Farida, I., & Sopandi, W. (2011). Pembelajaran berbasis web, interkoneksi multiple level representasi, Kesetimbangan larutan asam-basa. Jurnal Chemicaurnal Chemica, 12(1), 14–24.

------------------------------------------------

Gilbert, J. K., & Treagust, D. F. (2009). Towards a Coherent Model for Macro, Submicro and Symbolic Representations in Chemical Education. In Multiple Representations in Chemical Education (hal. 333–350). Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8872-8_15

------------------------------------------------

Kozma, R. B., & Russell, J. (1997). Multimedia and Understanding: Expert and Novice Responses to Different Representations of Chemical Phenomena. Journal of Research in Science Teaching, 34(9), 949–968.

------------------------------------------------

Lawshe, C. (1975). A quantitative approach to content. Personnel Psychology, 28, 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x

------------------------------------------------

Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barrett, K. C. (2004). SPSS for introductory statistics: Use and interpretation (2 ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

------------------------------------------------

Nahadi, N., Firman, H., & Kurniadi, H. (2018). Development and validation of chemistry virtual test based multiple representations. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 44–51. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.6963

------------------------------------------------

Skemp, R. (1976). Relational understanding and instrumental understanding. Mathematics Teaching, 1–10.

------------------------------------------------

Treagust, D. F., & Chandrasegaran, A. L. (2009). The Efficacy of an Alternative Instructional Programme Designed to Enhance Secondary Students’ Competence in the Triplet Relationship. Models and Modeling in Science Education Multiple Representation, 4, 151–168.

------------------------------------------------

Wilson, F. R., Pan, W., & Schumsky, D. A. (2012). Measurement and Evaluation in Counseling and Development. https://doi.org/10.1177/0748175612440286

------------------------------------------------

Zidny, R., Sopandi, W., & Kusrijadi, A. (2013). Analisis pemahaman konsep siswa SMA kelas X pada materi persamaan kimia dan stoikiometri melalui penggunaan diagram submikroskopik serta hubungannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 27–36.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.