KESALAHAN PEMAHAMAN MAHASISWA CALON PRAKTISI PENDIDIKAN PADA KONSEP LISTRIK SEARAH (DC)

Maria Chandra Sutarja

Abstract


Pemahaman konsep merupakan topik yang penting untuk digali dalam penelitian pendidikan IPA, termasuk fisika. Pemahaman konsep yang baik menjadi dasar bagi kemampuan lain yang dibutuhkan pada abad ke-21. Penelitian dengan desain kuantitatif non-eksperimental, ex-post facto dilakukan untuk mengidentifikasi bentuk kesalahan pemahaman konsep mahasiswa calon praktisi pendidikan yang selanjutnya dapat dianalisis penyebabnya. Penelitian dilakukan pada obyek sebanyak 110 mahasiswa tahun pertama yang belum mendapatkan perkuliahan terkait listrik searah (DC). Instrumen DIRECT yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia disebar ke mahasiswa melalui platform google form. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Soal dengan persentase ketepatan di kelas kurang dari 10% ditampilkan dan digali penyebab dari munculnya fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesalahan pemahaman mahasiswa umumnya adalah penggunaan konsep yang tidak sesuai dengan konteks yang ditampilkan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menyusun desain pembelajaran atau media pembelajaran yang dapat melatihkan pemahaman konsep mahasiswa.

Keywords


Listrik searah (DC), Mahasiswa, Pemahaman konsep

References


Bunda, A. P., Maison, Kurniawan, D. A., & Rohimat. (2021). View of ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH.pdf (pp. 333–340).

--------------------------------------

Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tadris Fisika pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan 3-Tier Diagnostic Test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911

--------------------------------------

Ding, L., Chabay, R., Sherwood, B., & Beichner, R. (2006). Evaluating an electricity and magnetism assessment tool: Brief electricity and magnetism assessment. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.2.010105

--------------------------------------

diSessa. (2015). Alternative Conceptions and P-Prims. In Encyclopedia of Science Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2150-0

--------------------------------------

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 1–58. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

--------------------------------------

Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020106

--------------------------------------

Engelhardt, P. V., & Beichner, R. J. (2004). Students’ understanding of direct current resistive electrical circuits. American Journal of Physics, 72(1), 98–115. https://doi.org/10.1119/1.1614813

--------------------------------------

Fachrunnisa, R., Suwono, H., Yuenyong, C., Sutaphan, S., & Praipayom, N. (2021). Eco-friendly fashion: A STEM sandpit project in Indonesian senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1835(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1835/1/012046

--------------------------------------

Hammer, D. (2000). Student resources for learning introductory physics. American Journal of Physics, 68(S1), S52–S59. https://doi.org/10.1119/1.19520

--------------------------------------

Hidayah, N. N., & Sopyan, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Deduksi Hipotesis Terhadap Pemahaman Konsep Rangkaian Resistor Pada Listrik Arus Searah. Physics Communication, 1(1), 34–42.

--------------------------------------

Hidayatulloh, M., Wiryokusumo, I., & Walujo, D. A. (2019). Remidiasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan Ebook Interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.986

--------------------------------------

Hindriyani, A., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2020). Kemampuan Memecahkan Masalah Rangkaian Arus Searah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Penilaian Formatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1237. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14003

--------------------------------------

Maloney, D. P., O’Kuma, T. L., Hieggelke, C. J., & Van Heuvelen, A. (2001). Surveying students’ conceptual knowledge of electricity and magnetism. American Journal of Physics, 69(S1), S12–S23. https://doi.org/10.1119/1.1371296

--------------------------------------

Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n1.p44-53

--------------------------------------

Permendikbud. (2018). Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendid. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

--------------------------------------

Rahmawati, I., Sutopo, S., & Zulaikah, S. (2017). Analysis of students’ difficulties about rotational dynamics based on resource theory. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 95–102. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9514

--------------------------------------

Sahin, M. C. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1464–1468. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.258

--------------------------------------

Sutarja, M. C., Sutopo, S., & Latifah, E. (2017a). Hubungan Antara Penguasaan Konsep dengan Kemampuan Membuat Penjelasan Ilmiah Siswa pada Topik Fluida Statis. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya 2017, 2, 154–162.

--------------------------------------

Sutarja, M. C., Sutopo, S., & Latifah, E. (2017b). Resources Siswa SMA Tentang Konsep Gaya Apung Melalui Closed-Ended Beralasan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1315–1320.

--------------------------------------

Tajudin, M., & Chinnappan, M. (2016). Relationship between Scientific Reasoning Skills and Mathematics Achievement among Malaysian Students. GEOGRAFIA Online Malaysian Journal of Society and Space, 12(1), 96–107.

--------------------------------------

Villaruz, E. J., Cardona, M. C. F., Buan, A. T., Barquilla, M. B., & Yuenyong, C. (2019). Ice Cream STEM Education Learning Activity: Inquiry from the Context. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1), 2–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012092

--------------------------------------

Yuliati, L., Riantoni, C., & Mufti, N. (2018). Problem solving skills on direct current electricity through inquiry-based learning with PhET simulations. International Journal of Instruction, 11(4), 123–138. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1149a




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.