UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION BERBASIS CERITA FABEL

Nur Afifah, Laila Khamsatul Muharrami, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video stop motion berbasis cerita fabel. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan model pengembangan Hannafin and Peck. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa video stop motion berbasis cerita fabel sangat layak digunakan jika ditinjau berdasarkan kelayakan materi dengan validitas sebesar 91,67% dan reliabilitas sebesar 90,78%, dan video stop motion berbasis cerita fabel sangat layak digunakan jika ditinjau berdasarkan kelayakan media dengan validitas sebesar 85,00% dan reliabilitas sebesar 88,57%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video stop motion berbasis cerita fabel sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


cerita fabel, media pembelajaran, video stop motion

References


Anshary, I., & Edidas. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding. VOTEKNIKA: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 6(2), 1–5.

Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23–32.

Astuti, I. A. D., & Darmo. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Posing. JRKPF UAD, 3(2), 39–44.

Fahrurozi, S. K. (2017). The Development of Video Learning to Deliver a Basic Algorithm Learning. Indonesian Journal of Informatics Education, 1(2), 49–56.

Hapsari, N. R., & Sumartini. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Teks Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Karakter bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 13–22.

Herpratiwi. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Istiqomah, P., Werdhiana, I. K., & Wahyono, U. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas X MAN 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(3), 28–32.

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion untuk Pembelajaran Biologi dengan Aplikasi PicPac. BioEdUIN, 9(1), 26–33.

Murdani, Johar, R., & Turmudi. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, 1(2), 22–32.

Nugraha, Y. P. A. (2016). Penggunaan Media Film terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 311–321.

Nurani, A. C. (2016). membaca Cerita Fabel sebagai Penanaman Karakter Jujur pada Siswa SMP. WACANA, 1(1), 1–9.

Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Ramnath, U., Sekhon, N. K., Kaur, M., & Sharma, G. (2017). System Software and Microsoft Windows : A Comparison and Review. World Journal of Technology, Engineering and Research, 1(1), 94–103.

Riduwan, & Sunarto. (2014). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ridwan, M. (2016). Ajaran Moral dan Karakter Dalam Fabel Kisah dari Negeri Dongeng Karya Mulasih Tary (Kajian Sastra Anak sebagai Bahan Ajar di Sekolah Dasar). Premiere Educandum, 6(1), 95–109.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Starr, C., Evers, C. A., & Starr, L. (2007). Biology: Today and Tomorrow with Physiology. Second Edition. USA: Thomson Brooks/Cole.

Viandhy, A. O., & Ratnasari, R. T. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Niat Ulang dengan Menggunakan Produk yang Melalui Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Boulevard di Surabaya. JESTT, 1(8), 546–564.

Widowati, D. A. (2016). Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas II B SD Negeri Margoyasan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(27), 2580–2586.

Wulandari, A. Y. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Animasi Komputer Menggunakan Program Macromedia Flash 8. Jurnal Pena Sains, 2(1), 35–43.

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2), 162–172.

Yoto, Zulkardi, & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211–219.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.