PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MAJALAH IPA TERPADU TIPE WEBBED BERORIENTASI SETS

Niswatin Sholikah, Laila Khamsatul Muharrami, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Yunin Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi siswa  menggunakan model PBL berbantuan majalah IPA Terpadu tipe webbed berorientasi SETS. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bojonegoro di kelas VII B Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakn tes.Hasil penelitian dan analisis terbukti ada perbedaan kemampuan literasi sains siswa setelah pembelajaran model PBL berbantuan majalah IPA Terpadu tipe webbed berorientasi SETS ditunjukkan oleh skor –thitung kurang dari ttabel kurang dari  thitung (–20,816 kurang dari  2,04523 kurang dari  20,816) dan N-gain skor yang termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 0,513667.


Keywords


Literasi Sains, Majalah IPA Terpadu, Model PBL

References


Aini, D. N., Rahardjo, S. B., & HH, E. S. V. (2018). Student’s Profile about science literacy in Surakarta. Journal of Physics, 1-6.

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparrison of Student Scientific Literacy in Integrated Science Learning through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31-37.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2012). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2), 109-115.

Eviani, Utami, S., & Sabri, T. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7).180-187.

Firdausy, B. A., & Setiawan, B. (2017). Keefektifan Interactive E-Book IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Jurnal Mahasiswa Unesa, 370-374.

Fitriani, W., Hairida, & Lestari, I. (2014). Deskripsi Literasi Sains Siswa dalam Model Inkuiri pada Materi Laju Reaksi di SMAN 9 Pontianak.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2015). Theories of Learning. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Ismaimuza, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi, 63(2), 33-37.

Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 115-121.

OECD. (2017). Literacy, Financial Solvig, Collaborative Problem.

Pujiastutik, H. (2018). Peningkatan Sikap Literasi Sains Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Kuliah Parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61-66.

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. (2012). Peningkatan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(3), 39-54.

Rahmastuti, N., Sukarmin, & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif E-Magazine Pada Materi Pokok Dinamika Rotasi untuk SMA Kelas XI. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 4(1), 18-25.

Rangsing, D., Subiki, & Handayani, R. D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 243-247.

Rosana, D., Jumadi, & Pujianto. (2014). Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Program Kelas Internasional Melalui Pembelajaran Konteks Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Mekanika. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 12-21.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudi. (2012). Developing Chemistry's of Student Team Achievement Division Type in Improving Process and Student Learning Outcomes Quality SMA Negeri Marowala. Indonesian Journal of Science Education, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.