PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS GREEN CHEMISTRY TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Mufida Aulia, Mochammad Ahied, Wiwin Puspita Hadi, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peduli lingkungan siswa terhadap penggunaan pendekatan contextual teaching and learning berbasis green chemistry. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Al-Huda Larangan Pamekasan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan pre-experimental designs dengan desain penelitian one-shot case study. Pengumpulan data menggunakan angket self assessment, peer assessment, teacher observation. Hasil analisis data karakter peduli lingkungan pada angket self assessment diperoleh rata-rata 65% dengan kriteria baik dan peer assessment diperoleh rata-rata 63,4% dengan kriteria baik, sedangkan pada penilaian teacher observation diperoleh rata-rata 97% termasuk ke dalam kategori sangat baik.


Keywords


green chemistry, karakter peduli lingkungan, pendekatan CTL

References


Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2), 109–115.

Fardani, R. A., Ibnu, S., & Utomo, Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Bernuansa Green Chemistry terhadap Keterampilan Bernalar Ilmiah Mahasiswa pada Materi Analisis Volumetri. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1620–1624.

Juhanda, A. (2017). Optimalisasi Diskusi Kelas Melalui Peer Assesment dan Self Assesment untuk Menilai Kemampuan Komunikasi Lisan Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(2), 1–9.

Nuridawani, Munzir, S., & Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59–71.

Purnamasari, K., & Lestari, H. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk SMP Kelas VII Materi Segitiga dan Segi Empat Melalui Pendekatan Kontekstual dan Model Pembelajaran Probing Promting. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 18–30.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20.

Riduwan, Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sari, N. T., Ikhsan, M., & Hajidin. (2014). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Bernuansa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN. Jurnal Didakti Matematika, 1(1), 46–60.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran,dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan efektif. Bandung: Alfabeta.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D., & Rahardjo, S. (2016). Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. EduMa, 5(2), 34–41.

Yamin, Moh. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Malamg: Cita Intrans Selaras.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.