ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA

Erwin Jamnais, Fatimatul Munawaroh, Yunin Hidayati, Irsad Rosidi, Aida Fikriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian adalah Mix Method dengan menggunakan metode sequential explanatory jenis parcipant selection model. Populasi ini pada siswa kelas VII B yang jumlahnya 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, wawancara dan dokumentasi. Tes dilakukan secara door to door. Hasil penelitian menjunjukkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dengan persentase rata-rata 28,13% dengan kategori sedang. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa pada kelompok tinggi dan sedang tidak terdapat kendala faktor-faktor kemampuan berpikir kreatif, pada kelompok rendah memiliki kendala pada motivasi instrinsik dan pengetahuan.

References


Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Puspita Sari, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air Improving Creative Thinking Ability through Guided Inquiry Combined Brainstorming Application in Material of Water Pollution. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868–872.

Arini, W., & Asmila, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41

Efendy, H., & Muin, A. (2018). Statistika (Pendidikan dan Ekonomi). pamekasan : Duta Media Publishing.

Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA ). FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang Usiyusrotin@gmail.Com, 1, 239–247.

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.

Herlina, L., & Qurbaniah, M. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X MAS AL-MUSTAQIM SUNGAI RAYA 2. 2(1), 11–14.

Kulsum, S. I., Wijaya, T. T., Hidayat, W., & Kumala, J. (2019). Analysis On High School Students’ Mathematical Creative Thinking Skills on The Topic Of Sets. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 431–436. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.128

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1351/1354

Narimawati, U., Sarwono, J., Munandar, D., & Winanti, M. B. (2020). Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. yigyakarta : Andi (Anggota IKAPI).

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2019). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12473

Rahman, A. (2016). Kreativitas dan Pembangunan Ekonomi Umat. Yogyakarta : CV.Absolute Media.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685

Setiawan, sasmita R. (2018). Analisis Penerapan Standar Deviasi Dalam Penentuan Persediaan Pengaman pada Ud Mirama Kota Gorontalo. Management Research, 1, 6.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sutarto, Y. R. I. (2017). Efektivitas Model, Pembelajaran (Questioning, Organizing, Doing, And Evaluating (QUDE) Untuk Pembelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(4), 42–48. https://doi.org/10.11164/jjsps.16.4_704_3

Tohir, M., Abidin, Z., Darik, & Hobri. (2018). Students creative thinking skills in solving two dimensional arithmetic series through research-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 10, 1–11.

Widiana, I. W., & Jampel, I. N. (2016). Improving Students’ Creative Thinking and Achievement through The Implementation of Multiple Intelligence Approach with Mind Mapping. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(3), 246. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i3.4546




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.12071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.