Penerapan Media Science Comic Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Iin Rukminianti, Irsad Rosidi, Yunin Hidayati, Mochammad Ahied, Dwi Rendy Astid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media science comic terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SMP Islam Darut Tauhid dengan populasi seluruh kelas VII.. Teknik pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling dengan menerapkan sampling jenuh. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas  VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda untuk tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media science comic terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dengan taraf signifikan – t hitung = - 9.986 < t tabel = 2.024  < t hitung  = 9.986. Berdasarkan nilai yang telah diperoleh menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diterapkan media science comic sebesar 92% dikategorikan sangat baik.

References


Barezi, A & Sudarso (2019). Penerapan Media Audio Visual Melalui Pembelajaran Futsal Terhadap Hasil Belajar Passing Kaki Dalam Di SMP Negeri 3 Sugio. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 07(03), 269-273.

Bernad, M., Sopyan, R., Dewi, M. K., & Fauzan, G. A. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Konsep Diri (Self Concept) Siswa Smp Di Era Milenial. Journal on Education, 2(1), 45–42. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/255

Gloria, R. Y., Nuryamsiyah, & Wahidin. (2018). Jurnal Ilmu Alam Indonesia. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Komik Sains untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia di SMA Negeri I Gegesik. 1(1), 48–59.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Hidayah, N., & Ulva, R. Hu. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Lesmana, A. (2019). Hubungan Kecerdasan Logis Matematis Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP SCHOOL OF UNIVERSE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–7.

Maryuningsih, Y., Nurlatipah, N., & Juanda, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia, 5(2), 1–13.

Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.

Riduwan. (2013). Dasar Dasar Statistika. ALFABETA.

Setyawarno, D. (2017). Penggunaan Aplikasi Software Iteman (Item and Test Analysis) untuk Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Teori Tes Klasik. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajaran, 1((1)), 1–11.

Sihotang, Y. L. T. (2020). Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2a), 500–505. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.660

Sumarmin, R., Asrizal, & Festiyed. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf

Utami, A. U., Dewi, S. S., & Hariastuti, R. M. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388

Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulistyorini, S. (2016). Inquiry-based science comic physics series integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5787




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.12057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.