Uji Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Perubahan Iklim

Nanda Silvia Rahmawati, Nur Qomaria, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Mochammad Ahied, Dwi Bagus Rendy Astid Putera

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis animasi dengan menggunakan adobe animate pada materi perubahan iklim. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil rata-rata persentase kelayakan media pembelajaran berbasis animasi aspek media adalah sebesar 96,88% dengan kriteria sangat valid dan nilai reliabilitas sebesar 96,50% dengan kriteria sangat reliabel. Hasil rata-rata persentase kelayakan media pembelajaran berbasis animasi aspek materi adalah sebesar 89,58% dengan kriteria sangat valid dan nilai reliabilitas sebesar 88,33% dengan kriteria sangat reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran berbasis animasi layak digunakan sebagai media pembelajaran

References


Agustina, I., Nusantara, T., & Irawati, S. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 5(10), 1503-1512.

Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal. 8(2), 217-229.

Antoko, D., & Ismayati, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik Di SMK Raden Patah Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(2), 335-340.

Bernadhed., et al. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Teknologi Informasi. 14(1), 34–39.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PPKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 7(2), 25-34.

Hamid, M. A., et al. (2020). Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Ihwanudin, M., Astuti, B., & Yulianto, A. (2018). Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Integrated Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Al-quran. Unnes Physics Education Journal. 7(3), 36-42.

Jubilee, E. (2017). Adobe Animate. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa. S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP. 3(2), 110-120.

Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Jurnal Elementary. 4(1), 167-187.

Mawaddah, W., et al. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Research. 2(2), 174–185.

Mukono, H. J. (2018). Analisis Kesehatan Lingkungan Akibat Pemanasan Global dan Perubahan Iklim : Tinjauan Kesehatan Masyarakat. Surabaya : Airlangga University Press.

Nasir, A. M., Upu, H., & Ihsan, H. (2016). Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Ecosystem. 16(3), 477–488.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 8(3), 527–540.

Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Ipteks. 5(2), 161–171.

Pramuaji, A., & Munir, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). 2(2), 183-189.

Prastyo, I. S., & Hartono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Adobe Animate CC Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Phenomenon. 10(1), 25–35.

Sari, H.V., & Suswanto. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan. 2(7), 1008-1016.

Sari, W. P., & Ma'rifah, D. R. (2020). Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan PBL Untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. 11(2), 49-58.

Simarmata, J., Sibarani, C. G. G. T., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2019). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs. Proceeding Biology Education Conference. 14(1), 581-584.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukariasih, L., Erniwati., & Salim, A. (2019). The Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal of Educational and Vocational Studies. 1(4), 322–329.

Tegeh, I. M., Jampel, I., & Pudjawan. K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husma, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTs Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(1), 23–29.

Wardhani, S. P. R. (2019). Kisi-Kisi Dasar Penelitian dan Karya Ilmiah Biologi. Yogyakarta : Diandra Kreatif.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi . 19(1), 75–82.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.12052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.