Uji Kelayakan Video Animasi Pada Materi Sistem Tata Surya
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan populasi siswa kelas VII dengan sampel sebanyak 15 siswa.. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan kelas dan lokasi terdekat dengan domisili peneliti. Adapun cara uji coba dengan door to door Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi aspek media, angket validasi aspek materi dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kelayakan media video animasi sebesar 82,40% termasuk kategori sangat valid dan kelayakan materi sebesar 79,16% termasuk kategori sangat valid, (2) respon siswa sebesar 85,77% termasuk kategori sangat baik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran, (A. Holid, Ed). PT Remaja Rosdakarya.
Angraini, R. (2017). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24.
Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978.
Astuti, I. A. D., Sumami, R. A,, & Saraawati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.
Astuti, R., Widha, S., & Suciati, S. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kreativitas Belajar Siswa. Inkuiri, 13(1), 87-96.
Adnyana, I. P. P., Sulastri, M., & Suwatra, I. W. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portopolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1).
Baharuddin, B., Indana, S., & Koesttiari, T. (2018). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 81-97. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9574.
Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe yang Diintegrasikan dengan Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131
Eddy, Usman, A., & Dafitri, H. (2019). Peluang Industri Kreatif Melalui Pelatihan Pembuatan Video Kreatif Bagi Mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30645/.v1i1.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97-102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.
Fitriyani, L., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(20), 427-435.
Hendryadi. (2017). Validitas Isi; Tahap Awal Pengembangan Kuisioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 169–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30645/.v1i1.
Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.
Mustika, S., Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan Video Organ Tumbuhan Di Kelas Xi Sma. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 222. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.964
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048.
Ompi, C. P., Sompie, S. R. U. ., & Sugiarso, B. A. (2020). Video Animasi Interaktif 3D Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Sekolah Dasar Tingkat Awal. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 9(2), 127–136.
Prasetyo, B., & Baehaqie, I. (2017). Pengembangan Media Video Animasi untuk Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 34–39.
Rahmawati, A. (2016). Penerapan SQ3R Berbantuan Reka Cerita Gambar untuk Meningkatan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 03(02), 127–133.
Yusmiarti, K., & Triawan, M. (2019). Animasi Pembelajaran pada SMP PGRI Kota Pagaralam Berbasis Adobe Flash CS6. Jurnal Informatika Lembah Dempo, 7(2), 25–37.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.12015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.