Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Web Dengan Menggunakan Google Sites
Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar e-modul menggunakan situs google sites. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan menggunakan model 4D tanpa menggunakan tahap disseminate (penyebaran). Berdasarkan hasil uji coba terbatas, Kelayakan bahan ajar e-modul berbasis web dengan menggunakan google sites menunjukkan data yang sangat valid dengan validasi media sebesar 86% dan reliabilitas sebesar 97%, validasi materi sebesar 81% dengan reliabilitas sebesar 96,43%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis web dengan menggunakan google sites dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA SMP.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.
Apriyani, I., Suntoda, A., & Budiman, D. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Test Of Gross Motor Development-2 (TGMD-2) Dale A. Ulrich Pada Anak 9 Tahun. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1), 40–45.
Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 176–184.
Ernawati, Y. (2018). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas Iv Sd Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(2), 109–123. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i2.223
Hajira, Wahyono, U., & Darsikin. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Berbantuan Multimedia Di Smk Negeri 3 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(3), 36–43.
Hamid, mustofa abi, Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaluddin, muhammad munsarif, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Jumaidah, & Rindu. (2017). Perilaku Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Di Wilayah Kecamatan Sukmajaya, Depok. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 16(3), 42–49.
Najuah, N., Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.
Nalarita, Y., & Listiawan, T. (2018). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia, 12(2), 85. https://doi.org/10.24269/mtkind.v12i2.1125
Ningsi, A. P., & Nasih, N. R. (2020). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Materi Pembiasan pada Lensa Cembung dengan Menggunakan E-Modul. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 35–43.
Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11406/5732
Purbo, O. W., & Hartanto, A. A. (2002). Teknologi e-Learning berbasis PHP dan MySQL. Elex Media Komputindo.
Rufii, R. (2015). Developing Module on Constructivist Learning Strategies to Promote Students’ Independence and Performance. International Journal of Education, 7(1), 18–28. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6675
Sari, R. K., Sunarno, W., & Dwiastuti, S. (2019). Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Smp N 1 Sukolilo. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 144–154. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37753
Siswono, T. Y. eko. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika (Nita (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 492–497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393
Syafri, F. S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Elementer di Program Studi Tadris Matemetika IAIN Bengkulu (A. S. Dodi Isran (ed.)). CV. Zigie Utama.
Taufik, M., Sutrio, A, S., Sahidu, H., & Hikmawati. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 77–81.
Zainiyati, H. salamah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Rudy Al-Hana (ed.)). Kencana.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.11967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.