STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 9 Blitar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling jenis simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 130 siswa. Analisis data menunjukkan hasil jika kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar berada pada kategori sedang. Pada uji hipotesis diperoleh hasil jika terdapat hubungan positif antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. Y. (2017).Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika.Science Education Journal. 1 (1), 36-51.
Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.
Azzahra, R., H. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 153-152.
Hidayati, K & Listyani, E. ( 2010 ). Improving Instrumen of Students Self-Regulated Learning.Jurnal Penelitian dan Edukasi. 14(1),85-99.
Kurniawati, K., R., & Negara, H., R., P. (2019). Worksheet Persamaan Diferensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(2), 149-155.
Lutfauziah, A., et.al. (2020). The Learning Methods of Problem Solving Skills in Islamic Boarding School : Discussion, Exercise, and Modelling. Jurnal Pena Sains.7(1), 32-39.
Mawaddah, S., & Anisah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.
Novitasari & Wilujeng, H. ( 2018 ). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang.Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 137-147.
Putra, H. D., et.al. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada materi Bangun Ruang.JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 6(2), 82-90.
Rambe, A., Y., F. & Afri, L., D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan dan Matematika. 9(2), 175-187.
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B., N. ( 2017 ). Pengaruh Kemandirian Belajar ( Self Regulated Learning ) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 75-83.
Rohaendi, S. & Laelasari, N., I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vgotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa MTs Plus Karangwangi. Jurnal PRISMA. (9)1, 65-74.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.5(2), 75-84.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa.At-Tawassuh. 2(2), 368-388.
Tresnaningsih, F., Santi, D., P., D. & Suminarsih, E. (2019).Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karawang Jalak I dalam Pembelajaran Tematik.Jurnal Penelitian Indonesia. 6(2), 51-59.
Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 6(1), 1-10.
Zamnah, L., N. ( 2017 ). Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA). 1(2), 31-38.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.11934
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.