Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3

Syafira Aulia, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Mochammad Ahied, Fatimatul Munawaroh, Irsad Rosidi

Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan adalah menghasilkan sebuah produk akhir berupa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan melalui software Articulate Storyline 3 yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi IPA SMP gerak dan gaya. Data penelitian yakni berupa hasil kelayakan media diperoleh dari angket kelayakan media pembelajaran interaktif hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPA. Hasil data diperoleh media pembelajaran interaktif berbasis android yang dihasilkan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan prolehan skor persentase kelayakan sebesar 81,94% ditinjau dari segi kelayakan media dan sebesar 85,16% dari segi kelayakan materi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dihasilkan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


articulate storyline 3, gerak dan gaya, media pembelajaran interaktif.

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, M., Sodikin, S., & Jadmiko, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Materi Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 197–206. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3594

Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 01(01), 9–15. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JIPTI/article/view/302

Ganda, R., Panjaitan, P., & Program, B. E. (2017). The Properness of Adobe Flash Basis Interactive Media for Respiratory System Learning Material. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1662–1668. https://doi.org/10.15294/usej.v6i3.20350

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hardianto, A., Syahidi, K., Hizbi, T., & Fartina, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Gerak Lurus. Kappa Journal, 4(1), 93–99. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.2275

Hasnawati, Ruslan, & Sugiarti. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Pokok Asam Basa. Chemistry Education Review (CER), 2(2), 49–57. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8754

Huda, A., Azhar, N., Almasri, Anshari, K., & Hartanto, S. (2020). Practicality and effectiveness test of graphic design learning media based on android. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 192–203. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12737

Kusaeri, Lailiyah, S., Arrifadah, Y., & Hidayati, N. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 125–141. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.6098

Lestari, N. (2020). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Jawa Tengah : Lakeisha

Pamungka, M. D., Santoso, E., Rochmad, & Isnarto. (2020). Pendekatan Saintifik Dalam Perspektif Teori Belajar Vygotsky. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 109–114. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2525

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.21009/1.03104

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Ecoducation: Economic and Education Journal, 2(2), 169–182. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i2.892

Sari, S. A., & Sakdiah, H. (2016). The Development of Mind Mapping Media in Flood Material using ADDIE Model. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(1), 53. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i1.3227

Taufiq, M., Amalia, A. V, Parmin, P., & Leviana, A. (2016). Design of science mobile learning of eclipse phenomena with conservation insight android-based app inventor 2. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 291–298. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7375

Wulandari, P., Widiyawati, Y., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan LKPD berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Saintifika, 21(2), 23–34. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/13562

Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manudia Kelas XI SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 571–579. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i2.11854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.