ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING

Nor Fitriyah, Fatimatul Munawaroh, Wiwin Puspita Hadi, Nur Qomaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children  Learning In Science (CLIS) dengan startegi Scaffolding terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control design dan dilaksanakan di MTs. Miftahul Ulum Gayam dengan populasi semua kelas VIII pada pokok pembahasan getaran, gelombang, bunyi, sistem pendengaran manusia, dan sisem sonar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan desain purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh model pembelajaran CLIS dengan strategi Scaffolding terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, rata-rata posttest kelas eksperimen 72% dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 67% dengan kategori tinggi.  Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97% dengan kategori sangat tinggi. Respon siswa rata-rata pernyataan positif sangat setuju 23,53%, setuju 39,41%, tidak setuju 24,71%, dan sangat tidak setuju 12,35% sedangkan pernyataan negatif sangat setuju 8,82%, setuju 22,94%, tidak setuju 55,88%, dan sangat tidak setuju 12,35%.

Keywords


CLIS, Getaran, Keterampilan Berpikir Kritis, Scaffolding

References


Antoko, D.,& Ismayati, E. (2015). Pengembangan Media Interaktif pada Standar Kompetensi Mengoprasikan Sistem Kendali Elektromagnetik di SMK Raden Patah Mojekerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(2)

Arisantiani, N. K., Made, P., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science ( CLIS ) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology., 1(2), 124–132.

Budaeng, J., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2017). Pengembangan Modul IPA/Fisika Terpadu Berbasis Scaffolding pada Tema Gerak untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Physisc Education Journal, 1(1), 31–44.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pokya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Indrayanti, R. D., & Wijaya, A., (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika. Edisi Mei.

Joko, T., Ahdinirwanto, R. W., & Maftukhin, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science ( CLIS ) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2012 / 2013 MS ID IS IK A – U IT SM LR, 3(2), 112–115.

Sari, N., & Surya, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7(1), 1–10.

Thoifah, I. (2015). Statiska Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 5(2012), 47–52.

Weinstein, S., & Preiss, D. (2017). Scaffolding to Promote Critical Thinking and Learner Autonomy Among Pre-Service Education Students. Journal of Education and Training ISSN 2330-9709, 4(1), 69–87. https://doi.org/10.5296/jet.v4i1.9871

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(2).

Widjaja, F. N., & Sandjaja, F. N. (2013). Uji Validitas Dan Realibilitas Index Of Teaching Stress. Jurnal NOETIC Psycology, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.