ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antoko, D.,& Ismayati, E. (2015). Pengembangan Media Interaktif pada Standar Kompetensi Mengoprasikan Sistem Kendali Elektromagnetik di SMK Raden Patah Mojekerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(2)
Arisantiani, N. K., Made, P., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science ( CLIS ) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology., 1(2), 124–132.
Budaeng, J., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2017). Pengembangan Modul IPA/Fisika Terpadu Berbasis Scaffolding pada Tema Gerak untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Physisc Education Journal, 1(1), 31–44.
Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pokya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.
Indrayanti, R. D., & Wijaya, A., (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika. Edisi Mei.
Joko, T., Ahdinirwanto, R. W., & Maftukhin, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science ( CLIS ) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2012 / 2013 MS ID IS IK A – U IT SM LR, 3(2), 112–115.
Sari, N., & Surya, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7(1), 1–10.
Thoifah, I. (2015). Statiska Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 5(2012), 47–52.
Weinstein, S., & Preiss, D. (2017). Scaffolding to Promote Critical Thinking and Learner Autonomy Among Pre-Service Education Students. Journal of Education and Training ISSN 2330-9709, 4(1), 69–87. https://doi.org/10.5296/jet.v4i1.9871
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(2).
Widjaja, F. N., & Sandjaja, F. N. (2013). Uji Validitas Dan Realibilitas Index Of Teaching Stress. Jurnal NOETIC Psycology, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.