PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SCIENCE COMIC

Ida Damayanti, Yunin Hidayati, Irsad Rosidi, Mochammad Ahied

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan science comic. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII UPTD SMPN 1 Labang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan VII-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Rata-rata peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen yaitu 0,407 kategori sedang, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains kelas kontrol diperoleh sebesar 0,303 kategori sedang.

Keywords


Keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing, science comic

References


Arivin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems, 2(1), 28-36.

Astuti, Y., dan B. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Pendeka- Tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92.

Dwiantoro, Gede Ardi & La Masi. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran OPEN-ENDED Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 4(1), 57-69.

Isro'atun & Romsala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:Bumi Aksara.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016b). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2), 145–155.

Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Semester 1 Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9. 43–52.

Mursali, S. (2015). Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (3), 307-314.

Mustaming, A., Cholic, M., & Mirna (2014). Pengemabangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling Dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (1).

Nugraha, E. A., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2013). Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. UPEJ. 2 (1), 1–9.

Rosidi, I. (2016). Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery Learning ) Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pena Sains. 3 (1), 55-63.

Saanatun. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Menggunakan Komik Fisika Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan fisika. 6 (1), 8-12.

Saputro, D. A. (2017). Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar. Journal SocialIslamic, 1 (20), 69-80.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Shoimin. A. (2014). 68 Model Pembalajaran. :Ar-Ruzzmedia.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Umami, R. & B. J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan Sets (Science , Environment , Technology And Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02 (03), 61–69.

Yahya, Wachid., Munoto.,&Soeryanto. (2014). Inovasi Perangkat Pembelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.