PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SCIENCE COMIC
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arivin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems, 2(1), 28-36.
Astuti, Y., dan B. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Pendeka- Tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92.
Dwiantoro, Gede Ardi & La Masi. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran OPEN-ENDED Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 4(1), 57-69.
Isro'atun & Romsala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:Bumi Aksara.
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016b). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2), 145–155.
Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Semester 1 Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9. 43–52.
Mursali, S. (2015). Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (3), 307-314.
Mustaming, A., Cholic, M., & Mirna (2014). Pengemabangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling Dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (1).
Nugraha, E. A., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2013). Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. UPEJ. 2 (1), 1–9.
Rosidi, I. (2016). Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery Learning ) Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pena Sains. 3 (1), 55-63.
Saanatun. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Menggunakan Komik Fisika Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan fisika. 6 (1), 8-12.
Saputro, D. A. (2017). Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar. Journal SocialIslamic, 1 (20), 69-80.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Shoimin. A. (2014). 68 Model Pembalajaran. :Ar-Ruzzmedia.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Umami, R. & B. J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan Sets (Science , Environment , Technology And Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02 (03), 61–69.
Yahya, Wachid., Munoto.,&Soeryanto. (2014). Inovasi Perangkat Pembelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.