PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY-MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Heriyanto Heriyanto, Mochammad Ahied, Fatimatul Munawaroh, Irsad Rosidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Inquiry-Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental yang menggunakan desain one group pretest and postest. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil analisis data diperoleh bahwa –thitung kurang dari sama dengan ttabel kurang dari sama dengan  thitung (-13,954 kurang dari sama dengan  2,145 kurang dari sama dengan  13,954) dengan signifikansi kurang dari  0,05 yaitu 0,000 menunjukkan bahwa model Guided Inquiry-Mind Mapping berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 39 dengan kategori tidak kreatif dan sesudah perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74 dengan kategori kreatif.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Guided Inquiry, Mind Mapping

References


Ajayi, V. O., Achor, E. E., & Agogo, P. (2017). Comparative Effects of Collaborative Concept Mapping and Concept Mapping Instructional Strategies on Students' Achievement and Retention in Redox Reactions. Journal of Education, 17 (3), 67-74. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3097255

Amir, N, Rusmono, D., & Setiawati, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal EDUTCEHNOLOGIA, Vol 3 No 2 hal 133-135. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9143

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry Dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Jurnal Biology Education, Vol 13 (1) hal 868-872. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5944

Arsa, I. P. (2015). Belajar dan Pembelajarannya Strategi Belajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Media Akademi.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Vol 3 no 2 hal 164-173. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.p164-173

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajrannya. Yogyakarta: Media Akademi.

Handaru, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Science Education Jurnal, Vol 3 No 1 hal 86-95. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel9D80412E0A20AD8937DD83EA6EB8446B.pdf

Hilman. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Map terhadap keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 221-229. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i4.4537

Hursen, C. (2014). Assessment of Creative Thinking Studies In terms of Content Analysis. Procedia Social and Behavior Science, 1117-1185. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.07.574

Jack, G. U. (2013). Concept Mapping and Guided Inquiry as Effective Techniques for Teaching Difficult Concepts inChemistry: Effect on Students' Academic Achievement. Journal of Education and Practice, 4(5), 9-16. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/4782/4861

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 19(1) hal 25-37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Maulani, S., Murni, R., Sari, D. P., & Parwanto, P. D. (2016). Penerapan Model Guided Inquiry Learning Dipadu dengan Concept Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Bio-Pedagodi, Vol 5 no 1 hal 56-59. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/5412

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, Vol 2 hal 14-25. https://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1348

Roosyanti, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, Vol 4 No 1 Hal 60-73. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2860

Rukmana, H. G. T., Suciati, S., & Indrowati, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai Teknik Roundhouse untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 26-33. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1436

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suryanti, S. & Isti, S. N. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal JPGSD, Vol 1 No 2 hal 1-13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3160

Widoyoko, E. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yazid, N. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 246-251. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24183




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.