PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Dewi Safitri, Fatimatul Munawaroh, Nur Qomaria, Aida Fikriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa tiap indikator pada materi pemanasan global. Penelitian dilaksanakan di Desa Tanjung Pademawu Pamekasan dengan subjek 20 siswa kelas VII SMP Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII Desa Tanjung Pademawu Pamekasan tergolong masih sangat rendah dengan kriteria persentase 70% sangat rendah, 20% rendah dan 10% sedang. Sedangkan persentase tiap indikator meliputi 40% menyimpulkan,  41% memberikan penjelasan sederhana, 46% memberikan penjelasan lebih lanjut, 75% membangun keterampilan dasar dan 43% mengatur strategi dan taktik.

Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global

References


Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2142.

Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123–134.

Hanjayani, C. W., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 85–94.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 468–474. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6174.

Himah, F., Sudarti, & Subiki. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Computer Based Test- Higherorder Thinking ( CBT-HOT ) pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 89–95.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058.

Nurdyansyah, N., & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Siswanto, J., Susantini, E., & Jatmiko, B. (2016). Kepraktisan Model Pembelajaran Investigation Based Multiple Representation ( IBMR ) dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisiska, 7(8), 127–131.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.10105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.