ANALISIS SENTIMEN DAN KATEGORISASI REVIEW PELANGGAN PADA CAFE KOPI PASTE DENGAN METODE NAIVE BAYES DAN K-NEAREST NEIGHBOR

Vincentius Riandaru Prasetyo, Ihza Akbar Ryanda, Delta Ardy Prima

Abstract


Minum kopi telah menjadi budaya di kalangan masyarakat Indonesia, budaya minum kopi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Seiring berkembangnya bangsa Indonesia, penikmat kopi di Indonesia pun semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, maka lahirlah banyak tempat minum kopi (coffee shop) atau biasa disebut cafe. Karena banyaknya cafe yang ada, maka setiap cafe harus berlomba-lomba meningkatkan kualitasnya agar bisnisnya tetap terus berjalan. Kopi Paste merupakan cafe yang berdiri sejak 2017 di Sidoarjo. Kopi Paste harus tetap dapat bersaing dengan cafe lainnya yang ada di Sidoarjo dengan terus meningkatkan kualitas dari produk, tempat dan pelayanan. Hal inilah yang menjadi latar belakang pembuatan sistem customer relationship management pada cafe Kopi Paste. Tujuan dari pembuatan sistem ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan dan dapat terus bersaing dengan cafe lainnya yang ada di Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode K-nearest neighbor (KNN) dalam melakukan kategorisasi data review yang diberikan oleh pelanggan. Lalu sistem juga menggunakan metode Naive Bayes Classifier untuk melakukan analisis sentimen dari data yang sudah dikategorikan sebelumnya. Data review yang digunakan berasal dari sosial media dan juga dari google review Kopi Paste yang telah diberikan oleh pelanggan sebelumnya. Metode Naive Bayes Classifier berhasil menganalisis sentimen dengan akurasi sebesar 93,33% dan metode K-Nearest Neighbor berhasil melakukan kategorisasi data dengan akurasi sebesar 77%.

Kata kunci: Analisis Sentimen, Kategorisasi, Naive Bayes, K-Nearest Neighbor


Full Text:

PDF

References


I. Fathoni, " Analisis Daya Tarik Budidaya dan Pengolahan Kopi untuk Pengembangan Agrowisata di Desa Babadan Banjarnegara," Jurnal Kawistara, vol. 10, no. 3, pp.310-327, 2020.

D. S. T. Manalu, V. B. Sebayang, Suharno, W. H. Situmeang and F. Adrian, "Business Development Strategy Of Pt Bogor Kopi Indonesia In Bogor Regency, West Java," Journal of Integrated Agribusiness, vol. 5, no. 1, pp. 28-36, 2023.

B. Ning, W. Junwei and H. Feng, "Spam Message Classification Based on the Naïve Bayes Classification Algorithm," IAENG International Journal of Computer Science, vol. 46, no. 1, 2019.

M. Syarifuddin, "Analisis Sentimen Opini Publik Mengenai Covid-19 Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Dan KNN," Inti Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 23-28, 2020.

D. Gunawan, D. Riana, D. Ardiansyah, F. Akbar and S. Alfarizi, "Komparasi Algoritma Support Vector Machine Dan Naïve Bayes Dengan Algoritma Genetika Pada Analisis Sentimen Calon Gubernur Jabar 2018-2023," Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. VI, no. 1, pp. 121-129, 2020.

D. Utami, Kusrini and Sudarmawan, "Analisis Metode Wordtovec Pada Performa Klasifikasi Kategori Berita Menggunakan Metode SVM dan KNN," Jurnal Explore STMIK Mataram, vol. 11, no. 2, pp. 82-85, 2021.

R. A. Laksono, K. R. Sungkono, R. Sarno and C. S. Wahyuni, "Sentiment Analysis of Restaurant Customer Reviews on TripAdvisor using Naïve Bayes," in 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), Surabaya, 2019.

O. Sharif, M. M. Hoque and E. Hossain, "Sentiment Analysis of Bengali Texts on Online Restaurant Reviews Using Multinomial Naïve Bayes," in 1st International Conference on Advances in Science, Engineering and Robotics Technology (ICASERT), Dhaka, 2019.

K. Zahoor, N. Z. Bawany and S. Hamid, "Sentiment Analysis and Classification of Restaurant Reviews using Machine Learning," in 21st International Arab Conference on Information Technology (ACIT), Giza, 2020.

Jimmy and V. R. Prasetyo, "Sentiment Analysis on Feedback of Higher Education Teaching Conduct An Empirical Evaluation of Methods," in International Conference on Informatics, Technology, and Engineering 2021 (InCITE 2021), Surabaya, 2021.

V. R. Prasetyo and A. H. Samudra, "Hate Speech Content Detection System on Twitter using KNearest Neighbor Method," in International Conference on Informatics, Technology, and Engineering 2021 (InCITE 2021), Surabaya, 2021.

D. Wahyudi, T. Susyanto and D. Nugroho, "Implementasi dan Analisis Algoritma Stemming Nazief & Adriani dan Porter Pada Dokumen Berbahasa Indoensia," Jurnal Ilmiah SINUS, vol. 15, no. 2, pp. 49-56, 2017.

V. R. Prasetyo, "Searching Cheapest Product On Three Different ECommerce Using K-Means Algorithm," in 2018 International Seminar on Intelligent Technology and Its Application, Bali, 2018.

N. Salmi and Z. Rustam, "Naïve Bayes Classifier Models for Predicting the Colon Cancer," in 9th Annual Basic Science International Conference 2019 (BaSIC 2019), Malang, 2019.

V. R. Prasetyo, M. Widiasri and M. M. Angkiriwang, "Sistem Berbasis Web Untuk Koreksi Soal Esai Dengan Association Rules," Jurnal TEKNIKA, vol. 11, no. 1, pp. 62-68, 2022.

V. R. Prasetyo, M. Mercifia, A. Averina, L. Sunyoto and Budiarjo, "Prediksi Rating Film Pada Website Imdb Menggunakan Metode Neural Network," Jurnal Ilmiah NERO, vol. 7, no. 1, pp. 1-8, 2022.




DOI: https://doi.org/10.21107/nero.v8i1.18465

Refbacks



Copyright (c) 2023 Vincentius Riandaru Prasetyo, Ihza Akbar Ryanda, Delta Ardy Prima