ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TELUR PUYUH (KASUS PETERNAKAN PUYUH BINTANG TIGA, CIBUNGBULANG, BOGOR)
Abstract
Telur puyuh dapat menjadi salah satu alternatif diversifikasi protein dan swasembada protein di Indonesia. Bintang Tiga merupakan salah satu peternakan burung puyuh yang memproduksi telur di Bogor yang memiliki potensi untuk berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis serta merekomendasikan alternatif strategi untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2009. Penelitian ini menggunakan Matriks IFE dan EFE untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal. Hasil Matriks IFE dan EFE digunakan untuk mengetahui posisi peternakan Tiga Bintang pada Matriks IE. Matriks SWOT merumuskan enam strategi alternatif yang didasarkan pada Matriks IE. Pada akhirnya, matriks QSP (QSPM) menghasilkan prioritas strategis yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Prioritas strategi tersebut adalah menjaga kualitas produk dan harga yang kompetitif.
Keywords
Strategi Pengembangan Usaha, Matriks IFE,EFE,IE, Matriks SWOT, Matriks QSP (QSPM)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[BPS] Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia 2008. Jakarta
_____ Bogor dalam Angka 2008. Bogor
David FR. 2006. Manajemen Strategis. Sulistio P dan Mahardika H, penerjemah; Rahoyo S, editor; Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Management “Concepts and Cases, 10th ed”.
Listiyowati E, Roospitasari K. 2007. Puyuh Tata Laksana Budi Daya Secara Komersial. Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya
Porter ME. 1991. Strategi Bersaing : Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Maulana A, penerjemah; Hutauruk G, editor; Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari: Competitive Strategy
DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v4i2.583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura