ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRIMER KOPERASI PRODUSEN TEMPE TAHU INDONESIA (PRIMKOPTI) (KASUS PRIMKOPTI KOTA BOGOR)

Joko Purwono, Sri Sugyaningsih, Ria Dharmanthi K.W.A., Suci Melani

Abstract


Kacang kedelai adalah salah satu komoditas utama di Indonesia. PRIMKOPTI Bogor adalah suatu kooperasi dengan bisnis utamanya sebagai  pedagang kacang kedelai, terutama untuk para anggota kooperasinya. Sekarang ini, PRIMKOPTI Bogor sedang menghadapi beberapa permasalahan seperti loyalitas dari para anggota dan persaingan kacang kedelai. Di dalam studi ini, kita meneliti kondisi-kondisi internal dan eksternal PRIMKOPTI dan merumuskan strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Studi ini diselenggarakan dari Maret sampai Juni 2009. Peneliti meneliti dengan menggunakan data matriks Internal Factor Evaluation (IFE);  data matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE); matriks Eksternal-Internal; matriks kekuatan-kekuatan, kelemahan-kelemahan, peluang, ancaman-ancaman (matriks SWOT) dan strategi arsitektur. Di matriks IFE dan EFE, kondisi-kondisi  internal dan eksternal dikelompokkan ke dalam empat kategori; kekuatan, kelemahan-kelemahan, peluang, dan ancaman-ancaman. Berdasarkan hasil dari matriks IFE dan EFE , menunjukkan bahwa PRIMKOPTI Kota Bogor mempunyai posisi di dalam kwadrant yang ke lima yang menunjukkan pegang dan pelihara posisi. Implementasi strategi penetrasi pasar dan peningkatan produk atau strategi jasa diperlukan. Strategi global dari matriks IE untuk merumuskan strategi khusus menggunakan analisis matriks SWOT. Beberapa strategi yang penting dirumuskan dari analisis  SWOT seperti peningkatan promosi, peningkatan pelayanan bagi para anggota, mendidik karyawan, manajemen pengendalian persediaan, implementasi riset dan sistem informasi manajemen.
Akhirnya, bisa  ditunjukkan masing-masing strategi dengan beberapa program dalam satu rencana strategi arsitektur yang perlu diterapkan oleh PRIMKOPTI Bogor untuk mengembangkan kooperasi.

Keywords


kacang kedelai, kooperasi, perumusan stategic, PRIMKOPTI Bogor.

References


[Balitbangtan] Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2005. Analisis Penawaran dan Permintaan Komoditas Pangan Utama. Jakarta : Departemen Pertanian.

[BKP] Badan Ketahanan Pangan. 2007. Laporan Kinerja Badan Ketahanan Pangan Tahun 2006. Jakarta : Badan Ketahanan Pangan.

[BPS Jawa Barat] Badan Pusat Satatistik Jawa Barat. 2008. Jawa Barat dalam Anggka 2008. Bandung: Badan Pusat Statistik Jawa Barat.

David. 2006. Manajemen Strategis Konsep Edisi 10. Ichsan Setyo Budi, penerjemah; Jakarta : Salemba Empat. Terjemahan dari Strategic Management Concepts and Cases, 10th ed.

[Depkop] Departemen Koperasi. Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia. www.depkop.go.id. [13 Januari 2009].

Hendar, Kusnadi. 2002. Ekonomi Koperasi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ismawan I. 2001. Sukses Di Era Ekonomi Liberal : Bagi Koperasi dan Perusahaan Kecil-Menengah. Jakarta : PT Grasindo.

Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Molan B, penerjemah; Jakarta: PT Indeks. Terjemahan dari Marketing Management 11th Edition.

Manzilatusifa. 2008. Pengembangan Koperasi Dengan Pendekatan Analisis SWOT. http://educare.e-fkipunla.net [13 Januari 2009].

Nazir M. 2005. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Partomo dan Soejoedono. 2002. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Bogor : Ghalia Indonesia.

[PRIMKOPTI] Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia. 2008. Laporan Tahunan Pengurus Tahun Buku 2007. Bogor : Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia.

[PRIMKOPTI] Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia. 2009. Laporan Tahunan Pengurus Tahun Buku 2008. Bogor : Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia.

Rangkuti F. 1997. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis – Reorientasi Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Yoshida. 2006. Arsitektur Strategik : Sebuah Solusi Meraih Kemenangan dalam Dunia yang Senantiasa Berubah. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v4i1.580

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.21107/nbs.v4i1.580.g550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura