ANALISIS KEMITRAAN ANTARA PETANI KACANG TANAH DENGAN CV MITRA PRIANGAN (KASUS PADA PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN SINDANGBARANG, KABUPATEN CIANJUR) (Partnership analysis between peanut farmers and CV Mitra Priangan Case at peanut farmers on Sindangbaran

Joko Purwono, Sri Sugyaningsih, Tiara Asri Satria

Abstract


Kacang tanah merupakan salah satu komoditas makanan yang penting bagi masyarakat baik dilihat dari nilai ekonomis maupun kandungan nutrisinya. Selama ini, telah terjadi ketidakseimbangan antara produksi kacang tanah di Indonesia dengan permintaannya di samping volume impor dari beberapa Negara meningkat. Salah satu solusi untuk mengembangkan produksi kacang tanah di Indonesia adalah  melalui kemitraan (partnership). CV. Mitra Priangan adalah perusahaan yang aktif di bidang pengolahan kacang tanah.  Berhubung permintaan yang meningkat dari produk kacang tanah, CV Mitra Priangan telah merencanakan melakukan kemitraan dengan petani kacang di Cianjur. Penelitian ini mengaplikasikan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Microsoft Office Excel untuk menganalisis dua subyek dari kemitraan, untuk mengidentifikasi tujuan dan faktor utama yang mempengaruhi formasi kemitraan dan memilih model kemitraan yang paling ideal. Kondisi dari CV Mitra Priangan dan petani kacang lebih banyak memiliki kekuatan daripada kelemahan. Faktor utama yang mempengaruhi formasi kemitraan adalah pengembangan operasi dengan nilai 0.367. Tujuan yang diharapkan dari formasi kemitraan ini adalah  upaya dan penetapan dengan nilai 0.258. Model yang paling ideal adalah KOA model dengan nilai 0.409.

Keywords


CV. Mitra Priangan, kemitraan, Analytical Hierarchy Process (AHP)

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2007. Luas Panen, Produksi, Produktivitas dan Konsumsi Kacang Tanah di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

_____.2006. Neraca Ekspor-Impor Kacang Tanah. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

_____.1999. Kontribusi Sub Sektor Tanaman Pangan terhadap PDB Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. 2009. Perbandingan Tanaman Kacang Tanah Tahun 2007 dan Tahun 2008. Cianjur: Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur.

Hafsah MJ. 2000. Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi. Jakarta: PT Penebar Swadaya.

Pusat Data dan Informasi Pertanian. 2006. Produksi Tidak Optimal, Impor Kacang Tanah Tinggi. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pertanian.

Sumardjo. Sulaksana J, Aris W. 2004. Teori dan Praktik Kemitraan Agribisnis. Jakarta: PT Penebar Swadaya.

Sumarno. 1993. Status kacang tanah di Indonesia. Di dalam Kasno A, Winarto A, Sunardi, editor. Kacang Tanah. Malang: Balai Penelitian Tanaman Pangan. Hlm 3-5.

Suprapto HS. 2004. Bertanam Kacang Tanah. Jakarta: Penebar swadaya.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v3i2.568

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.21107/nbs.v3i2.568.g538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura