ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA MINUMAN SARI BUAH FRUTANG

Nuruni Ika Kusuma Wardhani

Abstract


Berhasilnya pemasaran dalam suatu perusahaan sangat ditentukan bagaimana para manajemen pemasaran membuat strategi untuk bisa bersaing di pasaran. Oleh karena itu seorang marketer harus bisa melihat kebutuhan pasar saat ini dan menentukan strategi yang tepat untuk bisa menjual produknya sebanyak mungkin. Atas dasar pemikiran tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kepuasan pelanggan minuman Frutang di Gedangan, Sidoarjo.
   Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden (pelanggan dari Frutang) sebanyak 112 responden. Teknik penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) yang digunakan untuk menguji tiga hipotesis yaitu, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
    Dari hasil uji kausalitas diketahui bahwa hanya kualitas produk yang mempunyai pengaruh positif, signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan kedua hipotesis lainnya belum bisa memberikan hasil yang signifikan yang dikarenakan terdapat faktor-faktor lain di dalamnya.

Keywords


Kualitas Produk, Harga,Loyalitas, Kepuasan, Frutang

References


Adam dan Ebert. (1998). Toward and Understanding of Inequity.Hall Intl Inc. Englewood Cliffs.

Anderson, J.C. and D.W. Gerbing, 1988. Structural Equation Modeling in Practice : A Review and Recommended Two-Step Approach, Psycological Bulletin. 103 (3) : 411-23.

Angipora, Marius. (2002). Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Bentler, P.M. and C.P. Chou, 1987. Practical Issue in Structural Modeling, Sociological Methods and Research. 16 (1) : 78-117

Catur, Rismiati dan Bondan Suratno. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius.

Ferdinand, Augusty [2002], Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Penerbit BP Undip, Semarang.

Ferdinan, Augusti, (2006). Metode Penelitian Manajemen, edisi 2. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gerson, Richard F (2004), Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta:PPM

Griffin. (2005). Behavioral Intention. New York: American Managemen Association.

Hair, J.F. et. al. [1998], Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.

Hartline, Michael D. and O.C. Ferrell [1996], “The Management of Customer-Contact Service Employees : An Empirical Investigation”, Journal of Marketing. 60 (4) : 52-70.

http://sitizulai121.blogspot.com/2010_06_01_archive.html

http://wookywidy.blogspot.com/2009/02/ale-ale-dan-frutang-mana-vitamin-c-nya.html

Kotler, P dan G. Amstrong. (1994). Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip (1996), Marketing. Ciracas. Jakarta. Jilid 1, 13740: Erlangga.

Kotler, P, (1997), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Indenks, Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, 2003, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke Sebelas, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P & G. Amstrong, (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan Jilid 2. Jakarta: Indeks

Mowen, Minor, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat, Jakarta.

Purwanto, BM, 2003. Does Gender Moderate the Effect of Role Stress on Salesperson's Internal States and Performance ? An Application of Multigroup Structural Equation Modeling [MSEM], Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, Buletin Ekonomi FE UPN "Veteran" Yogyakarta. 6 (8) : 1-20

Rangkuti, Freddy (2006), Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Satrio Agyl. ( 2008 ). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi. Bekasi.

Tabachnick B.G. and Fidel, L.S., 1996, Using Multivariate Statistics, Third Edition, Harper Collins College Publisher, New York.

Tjiptono, Fandy, (1997). Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publising.

Wijayanti, Ari. (2008). Strategi Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan.Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v6i1.554

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.21107/nbs.v6i1.554.g524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura