ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA MINUMAN SARI BUAH FRUTANG
Abstract
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden (pelanggan dari Frutang) sebanyak 112 responden. Teknik penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) yang digunakan untuk menguji tiga hipotesis yaitu, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Dari hasil uji kausalitas diketahui bahwa hanya kualitas produk yang mempunyai pengaruh positif, signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan kedua hipotesis lainnya belum bisa memberikan hasil yang signifikan yang dikarenakan terdapat faktor-faktor lain di dalamnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adam dan Ebert. (1998). Toward and Understanding of Inequity.Hall Intl Inc. Englewood Cliffs.
Anderson, J.C. and D.W. Gerbing, 1988. Structural Equation Modeling in Practice : A Review and Recommended Two-Step Approach, Psycological Bulletin. 103 (3) : 411-23.
Angipora, Marius. (2002). Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Bentler, P.M. and C.P. Chou, 1987. Practical Issue in Structural Modeling, Sociological Methods and Research. 16 (1) : 78-117
Catur, Rismiati dan Bondan Suratno. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius.
Ferdinand, Augusty [2002], Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Penerbit BP Undip, Semarang.
Ferdinan, Augusti, (2006). Metode Penelitian Manajemen, edisi 2. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gerson, Richard F (2004), Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta:PPM
Griffin. (2005). Behavioral Intention. New York: American Managemen Association.
Hair, J.F. et. al. [1998], Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.
Hartline, Michael D. and O.C. Ferrell [1996], “The Management of Customer-Contact Service Employees : An Empirical Investigation”, Journal of Marketing. 60 (4) : 52-70.
http://sitizulai121.blogspot.com/2010_06_01_archive.html
http://wookywidy.blogspot.com/2009/02/ale-ale-dan-frutang-mana-vitamin-c-nya.html
Kotler, P dan G. Amstrong. (1994). Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kotler, Philip (1996), Marketing. Ciracas. Jakarta. Jilid 1, 13740: Erlangga.
Kotler, P, (1997), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Indenks, Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip, 2003, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke Sebelas, Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, P & G. Amstrong, (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan Jilid 2. Jakarta: Indeks
Mowen, Minor, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat, Jakarta.
Purwanto, BM, 2003. Does Gender Moderate the Effect of Role Stress on Salesperson's Internal States and Performance ? An Application of Multigroup Structural Equation Modeling [MSEM], Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, Buletin Ekonomi FE UPN "Veteran" Yogyakarta. 6 (8) : 1-20
Rangkuti, Freddy (2006), Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Satrio Agyl. ( 2008 ). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi. Bekasi.
Tabachnick B.G. and Fidel, L.S., 1996, Using Multivariate Statistics, Third Edition, Harper Collins College Publisher, New York.
Tjiptono, Fandy, (1997). Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publising.
Wijayanti, Ari. (2008). Strategi Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan.Universitas Diponegoro.
DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v6i1.554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura