PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN KUNJUNGAN WISATA KE OBYEK WISATA WISATA BAHARI LAMONGAN (WBL)

Mei Indrawati

Abstract


Tujuan dari pemasaran adalah untuk memahami dan mempengaruhi kemauan konsumen dalam memilih/menentukan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Tetapi menurut Kotler (2003) tugas memahami perilaku konsumen tidaklah mudah. Artinya, memahami mengapa dan bagaimana konsumen membeli produk atau jasa adalah sesuatu yang penting yang harus dipelajari perusahaan. Untuk memahami perilaku konsumen, kita perlu mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen  dalam membeli produk atau jasa. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk faktor budaya, sosial, pribadi, dan faktor psikologi. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor pribadi dan sosial baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan mengunjungi objek wisata Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan menganalisis variabel yang dominan yang mempengaruhinya. Dalam studi ini sebagai variabel bebasnya adalah faktor pribadi dan sosial sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan mengunjungi objek wisata WBL. Regresi linear berganda digunakan sebagai alat untuk menguji hipotesis. Simpulan dari studi ini adalah bahwa faktor pribadil dan sosial baik secara parsial maupun secara simultan mempengaruhi keputusan untuk melakukan kunjungan ke objek wisata WBL, dan variabel yang dominan yang mempengaruhi keputusan mengunjungi objek wisata WBL adalah variabel sosial.

Keywords


faktor pribadi, faktor sosial, keputusan mengunjungi objek wisata, Wisata Bahari Lamongan (WBL)

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pengantar. Jakarta : Bina aksara.

Bordas, E. 1994. Competitiveness of Tourist Destinations in Long Distance Markets. Tourist Review 3, 3 – 9.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & Miniard, P.W. 1992. Consumer Behavior. Sixth Edition. The Dryden Press. Chicago.

Hair, Jr., J.F., Anderson, R.E, Tatham, R.L & Black, W.C. 1992. Multivariate Data Analysis with Readings. MacMillan Publishing Company. New York.

Heung, V.C.S. & Chu, R. 2000. Important Factors Affecting Hong Kong Consumer’s Choice of a Travel Agency for All-Inclusive package Tours. Journal of Travel Research Vol. 39, 52 – 59.

Kotler, P.2003. Marketing Management. Eleventh Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey.

Kozak, M. & Rimmington, M. 2000. Tourist Satisfaction with Mallorca, Spain, as on Off-Season Holiday Destination. Journal of Travel Research Vol. 38, 260 – 269.

Sintani, Lelo. 1997. Analisis Pengaruh Faktor Marketing Mix, Kelompok Referensi dan Sosio Ekonomi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Sederhana KPR-BTN Type 36 dan 45 di Kotamadya Palangkaraya. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang.

Loudon, D.L. & Bitta, A.J.D. 1993. Consumer Behavior. Fourth Edition. McGraw – Hill International Edition. New York.

Malhotra, N.K. 1996. Marketing Research : An Applied Orientation. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.

Nasir, M. 1985. Metode Penelitian. Cetakan ketiga. Ghalia Indonesia.

Payne, A. 2000. The Essence of Services Marketing – Pemasaran Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ritchie, J.R.B. & Goeldnen, C.R. 1994. Travel, Tourism and Hospitality Research. A Handbook for Managers and Researhers. John Wiley & Sons, Inc. New York.

Singarimbun, M. & Effendi, S. 1987. Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta.

Stevens, B.F. 1992. Price Value Perceptions of Travelers. Journal of Travel Research, 31 (Fall), 44 – 48.

Suyitno. 2001. Perencanaan Wisata. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Yoeti, O.A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa. Bandung.

Zahara, Zakiyah. 1998. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membuat Keputusan Pembelian Kain Songket di Kotamadya Palembang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v6i2.544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura